Niat Beli Properti di Sumut? Teruskan! Bentar Lagi Daerah Ini Jadi Hub Internasional

Big Banner
Danau Toba di Sumatra Utara. mungkin pengunjungnya dari mancanegara bertambah banyak kalau Sumut sudah menjadi hub internasional. Foto: Rumah123/iStock

   

Kamu berniat beli properti di kawasan Sumatera Utara (Sumut)? Pastinya berprospek bagus karena Sumut akan terus berkembang berkat adanya dukungan infrastruktur dan transportasi. Apa lagi bakal jadi hub internasional.

Sebagai hub internasional, tentunya Sumut butuh banyak hunian dan properti komersial untuk mendukungnya sebagai pusat wilayah internasional.

Baca juga: Sumatera Berpotensi Besar dalam Penyaluran KPR 

Sumut lokasinya memang strategis. Keunggulan geografis Sumut menempatkannya di jalur pelayaran internasional Selat Malaka, selain juga dekat dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Potensi geografis Sumut tersebut bisa dikembangkan sebagai hub internasional, sehingga bisa menggerakkan perekonomian di wilayah-wilayah lain di Pulau Sumatera.

Baca juga: Siap-Siap! Tahun Ini Ada Ruas Tol Jawa dan Sumatera yang Bakal Bisa Dilewati

Saat ini pemerintah sedang mempersiapkan infrastruktur transportasi di Sumut. Sebut saja pembangunan akses kereta api dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Sei Mangke sampai ke pelabuhan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Presiden Joko Widodo akan menjadikan Sumut sebagai hub internasional. Untuk mewujudkan hal ini, pemerintah merencanakan pembangunan dua pelabuhan.

Baca juga: Tahun Depan, 3 Ruas Tol Trans Sumatera Ini Bisa Dilewati!

Salah satu pembangunan pelabuhan tersebut yakni Kuala Tanjung. Menurutnya, pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung merupakan proyek strategis nasional.

“Pelabuhan hub internasional di Indonesia itu masing-masing Pelabuhan Kuala Tanjung (Sumut) di Kawasan Barat dan Pelabuhan Bitung (Sulut) di Kawasan Timur. Selain itu, juga Pelabuhan Tanjung Priok sebagai hub internasional,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: 2019, Delapan Jalan Tol Sumatera Ditargetkan Beroperasi Penuh

Pengembangan pelabuhan Kuala Tanjung meliputi rencana pengembangan terminal multipurpose dan terminal peti kemas (hub internasional).

“Rencana pengembangan pelabuhan Kuala Tanjung dilakukan dalam lima tahapan, dengan target kapasitas ultimate dermaga hingga 13 juta TEUs,” kata Budi.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me