4 Overpass Selesai Juni, Semoga Kawasan Ini Nggak Macet Lagi

Big Banner
Rencana 4 flyover yang akan dibangun untuk mengurai kemacetan saat arus mudik Lebaran. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun empat jalan layang (overpass) untuk mengurai kemacetan. Overpass yang dibangun yakni Klonengan-Prupuk, Dermoleng-Ketanggungan, Kretek-Paguyangan, dan Kesambi.

Kesemuanya berada di Provinsi Jawa Tengah. Overpass tersebut ditargetkan selesai pertengahan Juni 2017.

“Untuk itu sejak November kami sudah mulai mendesain dan langsung ditender. Saat ini, progres untuk overpass Dermoleng sudah 8,8 persen, Klonengan 11,9 persen, Kesambi 6,2 persen dan Kretek 2,3 persen,” ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Rabu (15/2).

Baca juga: Kalau Mau Ga Kejebak Macet Selama Liburan Akhir Tahun, Baca Ini Ya!

Ketika mudik nanti, pengendara bisa melintasinya sekaligus mengurangi kemacetan di perlintasan sebidang kereta di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes yang kerap terjadi.

Pada hari kerja (Senin-Jumat) kereta yang melintasi kawasan tersebut bisa mencapai 72 kali. Per hari dibutuhkan waktu 6 jam untuk penutupan jalan. Tentunya diperlukan waktu lebih lama pada saat mudik.

Keempat jalan layang ini ditangani perusahaan kontraktor berbeda-beda. Untuk pembangunan overpass Dermoleng-Ketanggungan sepanjang 500 meter, saat ini sudah berupa pengecoran pile cap dan bored pile.

Baca juga: Luar Biasa! Stasiun Kereta Ini Terintegrasi dengan Moda Transportasi Massal Lainnya

Sementara overpass Klonengan-Prupuk sepanjang 1.011 meter, memasuki tahapan pengerjaan abutmen jembatan rangka, pengerjaan bored pile, dan persiapan badan jalan trase. (ed: dod)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me