Mencermati Konsep Pengembangan Kota Mandiri’ (2)

Big Banner

Majalah Properti Indonesia (mpi) edisi Februari 2017 mengulas pengembangan kotamandiri. Disebutkan, memiliki cadangan lahan yang luas, membuat kota mandiri tak pernah berhenti melakukan eksperimen demi eksperimen.

Kota BSD City, Serpong misalnya. Meski telah dikembangkan sejak 28 tahun silam, proses pembangunan kawasan seluas 6000 hektar ini baru terserap separuhnya saja. Sementara, sisanya sebesar 2900 hektar masih berbentuk cadangan lahan. Saat ini lebih dari 20 ribu rumah telah terbangun di BSD City, dengan rentang harga mulai dari Rp900 juta hingga miliaran rupiah.
Sementara, untuk pengembangan sudah memasuki fase ketiga yang diperkirakan akan terus berlanjut hingga tahun 2035 mendatang. Belakangan, untuk lebih meningkatkan value BSD City sebagai kota mandiri, PT Bumi Serpong Damai, Tbk. selaku pengembang memilih menggandeng Hongkong Land untuk mengembangkan mix-residential berkonsep resort dan lifestyle berstandar internasional bertajuk Nava Park.

Di atas lahan seluas 68 hektar yang direncanakan, Navapark akan merangkum 233 unit rumah eksklusif, termasuk apartemen, perkantoran, hotel, dan berbagai properti komersial. Setali tiga uang, kawasan Kota Mandiri CitraRaya Tangerang. The largest Township Development dari Ciputra Grup ini dikembangkan sejak 1997, dan sampai saat ini lebih dari 25 ribu unit rumah serta komersial area telah terbangun.

Adapun, rentang harga yang pasarkan saat ini mulai dari Rp500 jutaan sampai dengan Rp3 miliar. Populasi penduduk di CitraRaya saat ini lebih dari 65 ribu jiwa. Dari total luas lahan sebesar 2760 hektar, seluas 800 hektar diantaranya atau sepertiga dari total lahan telah selesai dikembangkan.

Tahun ini CitraRaya akan melengkapi Jika di sebelah barat kota Jakarta ada BSD City dan CitraRaya, maka di Timur Jakarta yang belakangan pesat sekali perkembangannya adalah Lippo Cikarang. Dengan lokasi tepat di sisi jalan tol, 30 kilometer dari Jakarta, Lippo Cikarang yang mulai dikembangkan pada tahun 1990 ini, terhitung paling komprehensif di sini.

Namun berbeda dengan BSD City dan CitraRaya yang mengawali pembangunan lebih sebagai kawasan hunian. Lippo Cikarang sejatinya berdiri guna “melengkapi” kawasan industri yang berada persis di sebelahnya dan dibangun oleh pengembang yang sama. Jadilah, Lippo Cikarang dengan lahan seluas 3 ribu hektar sebuah kota mandiri berbasis industri.

Serupa dengan BSD City dan CitraRaya Tangerang, PT Lippo Cikarang Tbk juga menjalin kerjasama dengan Mitsubishi Corporation Jepang untuk meluncurkan Newport Park, apartemen terbaru yang dikembangkan di kawasan Orange County, Cikarang. Newport Park adalah menara apartemen keenam di Orange County, menyusul Irvine Suites, Westwood Suites, Pasadena Suites, Burbank Suites, dan Glendale Park, yang penjualannya laris manis pada saat diluncurkan.

Newport Park mengusung konsep smart apartment features, yang dilengkapi dengan teknologi modern seperti retina access security system, smart doorlock system, dan smart lighting. Tak hanya itu, keseluruhan fasilitas maupun interior unit dieancang dengan mengadopsi budaya Jepang seperti Ofuro Japanese Spa, Japanese Garden, interior tatami room, serta Zen Balcony.

Newport Park ditawarkan dengan beberapa jenis tipe, yakni 1BR, 2BR, dan 3BR, dengan luasan mulai dari 25m2 sampai dengan 97m2. Sementara harga yang ditawarkan mulai dari Rp450 jutaan hingga Rp 2 miliaran per unit. Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk. Toto Bartholomeus menyatakan, kerjasama antara Lippo Cikarang dan Mitsubishi Corporation adalah wujud kolaborasi, transfer pengetahuan, dan sharing best practice, termasuk real estates dan urban development, dalam pengembangan dua menara apartemen di Orange County. “Kolaborasi ini akan
memberikan nilai tambah untuk Orange County dengan beberapa ide baru yang dibawa oleh Mitsubishi Corporation serta akan diterapkan di sini berdasarkan pengalaman internasional mereka yang panjang,” jelas Toto. MPI/Riz Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis.

mpi-update.com