Mencermati Konsep Pengembangan Kota Mandiri’ (1)

Big Banner

Majalah Properti Indonesia (mpi) edisi Februari 2017 mengulas pengembangan kotamandiri. Disebutkan, memiliki cadangan lahan yang luas, membuat kota mandiri tak pernah berhenti melakukan eksperimen demi eksperimen.

Mulai dari menghadirkan berbagai fasilitas ekslusif hingga berpartner dengan investor asing. Kembali boomingnya sektor properti paska krisis ekonomi 1998, membuat kawasan Jakarta terus disesaki berbagai bangunan, mulai dari kawasan perumahan, perkantoran, apartemen, pusat belanja hingga perhotelan.

Perkembangannya pun tidak lagi hanya terkonsentrasi di dalam pusat kota, namun juga mulai bergeser hingga ke daerah- daerah pinggiran yang menjadi kawasan penyangga. Bahkan, tidak sedikit masyarakat yang akhirnya “hijrah” dari kota induknya dan memilih tinggal di kawasan kota baru karena ber bagai kelebihan yang ditawarkan – fasilitas lengkap, lingkungan terjaga dan pembangunan berkesinambungan.

Kondisi inilah yang akhirnya membuat pertumbuhan proyek kawasan perumahan berskala kota mandiri terus bertambah setiap tahunnya. Riset yang dilakukan Properti Indonesia menunjukkan, saat ini setidaknya terdapat 20 kota mandiri aktif yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung dan Surabaya.

Dikatakan aktif karena kota-kota mandiri tersebut masih memiliki cadangan lahan yang luas, terus melengkapi pembangunan fasilitas serta memasarkan berbagai produk properti, baik hunian (landed dan apartemen) maupun area komersialnya.

Mengerjakan properti dengan skala raksasa (township development) sudah barang tentu bukan perkara gampang. Terlebih, untuk mendapatkan lahan sebesar yang dibutuhkan – sebagai salah satu syarat utamanya, bukan pekerjaan mudah.

Selain juga nilai kapital yang tak sedikit guna merealisasikannya. Sejak beberapa tahun terakhir, strategi berpartner dengan pengembang asing serta menjual kavling lahan berskala besar menjadi tren di kota-kota mandiri. Selain business oriented, kolaborasi ini juga bertujuan agar dapat memberikan nilai tambah terhadap proyek yang dikembangkan melalui sharing knowledge.

Sebut saja, BSD City yang menggandeng Hongkong Land untuk menggarap area Navapark, CitraRaya Tangerang yang menggandeng Mitsui Fudosan dalam membangun Ecopolis, Lippo Cikarang yang menggandeng Mitsubishi Corporation, Jakarta Garden City yang menggandeng PT Astra Modern Land – perusahaan patungan Astra Land Indonesia dan Hongkong Land dengan PT Mitra Sindo Sukses, anak usaha PT Modernland Realty, Tbk. serta beberapa kota mandiri lainnya. MPI/Riz. Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis.

mpi-update.com