Pasarkan Produk Rumah Tangga, Samsung Incar Kelas Atas

Big Banner

SINGAPURA, KompasProperti – Produk-produk besutan Samsung Electronic Co Ltd dibanderol dengan harga yang fantastis. Meski demikian, Samsung yakin produknya masih diminati pasar, khususnya segmen kelas atas.

Pasalnya, menurut Director Corporate Marketing Samsung Indonesia Jo Semidang, penetrasi penggunaan peralatan rumah tangga di Indonesia masih kurang bila dibandingkan negara lain di Asia.

Samsung lebih condong ke target market yang mature, segmen menengah ke atas,” ujar Jo kepada KompasProperti, di Bread Street Kitchen, Marina Bay Sands, Singapura, Kamis (17/2/2017).

Jo mengatakan, produsen lain mungkin mengejar pasar yang lebih besar, yakni menengah dan menengah ke bawah. Namun, biasanya mereka tidak mencari inovasi, melainkan memikirkan bagaimana barang bisa murah.

Dengan demikian, untuk mengurangi beban, ada sejumlah material yang diganti atau fitur-fitur tertentu dihilangkan agar harganya terjangkau.

Sementara Samsung, kata Jo, senantiasa mencari inovasi terbaru untuk para konsumen kelas atas.

“Barang-barang dengan inovasi premium seperti Family Hub 2.0, memang enggak murah. Teapi ada orang yang mau beli dengan harga lebih, dan dapat manfaatnya lebih,” tutur Jo.

Ia menambahkan, saat ini masyarakat kelas atas jumlahnya berkisar 5-10 persen dari seluruh penduduk Indonesia.

Jika penduduk Indonesia secara total yakni 250 juta, masyarakat dengan kemampuan daya beli tinggi berkisar 12,5-25 juta orang.

“Pasarnya besar. Konsumen ini memang cari inovasi baru. Kalau ke toko, orang-orang ini akan tanya produk terbaru apa,” kata Jo.

–– ADVERTISEMENT ––

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me