2017, Delta Group Targetkan 7.000 Rumah Subsidi

Big Banner

JAKARTA- Delta Group mengembangkan enam proyek rumah bersubsidi di beberapa kota di Indonesia. Pembangunan rumah subsidi tersebut dalam upaya membantu pemerintah mewujudkan sejuta rumah dalam satu tahun.

Lokasi rumah subsidi yang dikembangkan Delta Group mencakup empat lokasi di Bogor, Jawa Barat. Lalu, Batam (Kepulauan Riau) dan Serang (Banten). Dalam mengembangkan enam proyek itu Delta Group menganggarkan Rp 100 miliar.

“Tahun ini targetnya sekitar 7.000 rumah dan mayoritas rumah bagi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah). Sedangkan untuk komersialnya hanya 200 unit,” jelas Direktur Utama Delta Group Endang Kawidjaja, kepada Investor Daily, di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut dia, program sejuta rumah, khususnya rumah bersubsidi mendapat respons antusias dari masyarakat. Hal itu terlihat dari beberapa proyek rumah subsidi yang langsung diserap konsumen.

Di sisi lain, Endang mengatakan, pihaknya menyambut baik hadirnya Peraturan Pemerintah (PP) No 64 tahun 2016 tentang Pembangunan Perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Terutama, terkait perizinan yang selama ini menjadi kendala pengembang. “Namun ada beberapa pasal yang masih memberatkan kami,” katanya.

Dia mencontohkan, pasal 17 yang menyebutkan bahwa Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) bakal menerbitkan sertifikat laik fungsi. Sertifikat itu diterbitkan paling lama tiga hari setelah pengajuan disampaikan pengembang secara lengkap dan benar.

ertifikat itu menandakan bahwa rumah MBR, prasarana, sarana, dan utilitas umum perumahan MBR yang berbentuk bangunan gedung telah memenuhi persyaratan kelaikan fungsi berdasarkan hasil pemeriksaan kelaikan fungsi bangunan gedung.

Sertifikat itu menandakan bangunan telah dapat dimanfaatkan. Masa berlaku sertifikat selama 20 tahun untuk rumah tinggal tunggal dan rumah tinggal deret. Serta berlaku lima tahun untuk bangunan gedung lainnya.

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me