Rumah Pohon, Rumah Masa Depan….

Big Banner

KOMPAS.com – Mulai mengecilnya ruang terbuka hijau di kota-kota besar membuat beberapa perusahaan arsitektur merancang inovasi pembangunan ruang terbuka hijau. Salah satunya adalah Vo Trong Nghia Architecs di Vietnam yang membuat sebuah prototipe ‘House for Trees’ atau rumah pohon.

Prototipe itu dibuat sebagai sebuah respon atas cepatnya perpindahan penduduk yang terjadi di Vietnam. Rumah pohon ini dibangun di Ho Chi Minh City, ibukota Vietnam yang daerahnya hanya ditutupi 0,25 persen tanaman hijau. Hunian ini berusaha semaksimal mungkin dibuat untuk menyambung kembali hubungan manusia dengan alam.

Rumah pohon ini terdiri dari lima kotak beton yang digambarkan seperti sebuah perkebunan. Rumah pohon buatan Vo Trong Nghia Architetecs ini juga bisa berfungsi sebagai kolam, penahan air, serta mampu mengurangi risiko banjir.

Terletak di salah satu wilayah paling padat penduduknya di ibukota Vietnam, rumah pohon itu dikelilingi daratan dan hanya dapat diakses melalui jalan kaki. Rumah ini dirancang dengan bahan-bahan lokal dan alami. Dinding luarnya terbuat dari beton dengan bekisting bambu. Sementara untuk penyelesaiannya digunakan bata-bata lokal. Pembangunan rumah pohon tersebut diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar 156,000 dollar ASatau setaraRp1,8 miliar lebih.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me