Punya Desain Kelas Dunia, London City Airport Dirancang Biro Arsitek Spesialisasi Bandara

Big Banner
London City Airport (Rumah123/Dezeen)

Proyek perluasan bandara udara London City Airport yang berada di London, Inggris telah mengantungi ijin dari pemerintah Inggris dan pemerintah kota.

Pengembangan London City Airport ini bakal menelan biaya mencapai 344 juta pound (Rp 5,6 triliun) dan diproyeksikan rampung pada 2019.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 5)

London City Airport Development Programme (CADP) ini dirancang oleh biro arsitek lokal, Pascall+Watson yang juga berkantor pusat di London.

Pascall+Watson merancang banyak penambahan bangunan baru pada London City Airport ini termasuk perluasan terminal penumpang dalam skala besar dan anjungan penumpang yang bertingkat.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 10)

Tidak ketinggalan sistem bagasi yang baru, tujuh tempat parkir baru untuk pesawat yang berada di atas air, dan juga transportasi massal yang saling terkoneksi.

Pascall+Watson pun mendesain bangunan hotel bandara yang memiliki kapasitas 260 kamar tidur, area parkir, tempat penyewaan mobil, serta pool taksi.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 9)

Perluasan juga meliputi perpanjangan landasan pacu agar kapasitas antrian pesawat bisa ditambah saat terjadi waktu puncak antrian.

Semua penambahan fasilitas ini dilakukan agar meminimalisasi adanya penundaan penerbangan dan juga arus lalu lintas penumpang saat tiba dan berangkat.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 8)

London City Airport diproyeksikan bisa melayani 6,5 juta penumpang dan juga 32 ribu jadwal penerbangan pada 2025.

Desain London City Airport ini mendapatkan pujian dari banyak pihak. “Kami mendapatkan kualitas terbaik, desain kelas dunia sangat penting bagi rencana kesuksesan kami dan Pascall+Watson tidak tertandingi terkait repson dan pendekatan yang bisa dilakukan terkait perubahan desain operasional yang menjadikan mereka tim arsitek terbaik,” ujar Director of Infrastructure, Strategy and Planning London City Airport, Rachel Ness kepada BBC.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 7)

Pascall+Watson adalah biro arsitek yang didirikan oleh Clive Pascall dan Peter Watson pada 1953. Biro arsitek ini memiliki lima kantor yaitu London (Inggris), Limerick dan Dublin (Republik Irlandia), Doha (Qatar), dan Dubai (Uni Emirat Arab).

Biro arsitek ini memiliki pengalaman untuk mendesain dan merancang ulang bandara udara di banyak negara di dunia. Pascall+Watson dianggap biro arsitek terbaik dalam perancangan bandara. Sebenarnya selain bandara, biro arsitek ini juga piawai mendesain stasiun dan jalur kereta api.

Baca juga: Seperti Apa Sih Museum-Museum Terindah di Dunia, Yuk Cari Tahu (Bagian 6)

Rekam jejaknya bisa dilihat dari bandara Heathrow dan Luton (Inggris), Jomo Kenyatta (Kenya), Paphos dan Larnaka (Siprus), Pulkovo (Rusia), Varna dan Burgas (Bulgaria), Dublin (Republik Irlandia), Abu Dhabi (Uni Emirat Arab), Mexico City (Meksiko).

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me