2018 Jalan Tol Trans Jawa Tersambung

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono menargetkan seluruh ruas jalan tol Trans Jawa akan tersambung seluruhnya pada tahun 2018. Saat ini, pemerintah tengah fokus pada pengembangan jalan Semarang-Solo agar dapat digunakan untuk mudik Lebaran tahun ini.

pembangunan jalan tol Semarang-Solo

pembangunan jalan tol Semarang-Solo

Jalan tol Semarang-Solo panjangnya 72,64 km terbagi 5 seksi. Seksi I Semarang-Ungaran sepanjang 10,85 km dan seksi II Uangaran-Bawen 11,99 km telah beroperasi. Sekarang seksi III Bawen-Salatiga 17,6 km, seksi IV Salatiga-Boyolali 24,5 km, dan seksi V Boyolali-Kartasura 7,74 km. “Progres seluruhnya sudah di atas 90-an persen, jadi tahun ini bisa digunakan untuk jalur mudik,” ujarnya saat meninjau kesiapan tol Semarang-Solo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani, akhir pekan lalu.

Basuki juga menjanjikan jalan tol Solo-Ngawi-Sragen bisa digunakan untuk mudik lebaran tahun 2017. Pembangunan jalan tol ini bisa dipercepat karena adanya sokongan dana talangan dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) yang sudah terserap sebesar  Rp15,75 triliun.  Kemenpupera juga berkoordinasi dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dan Mahkamah Agung untuk mempercepat pembebasan lahan. Saat ini pembebasan  lahan jalan tol Trans Jawa sudah di atas 90 persen. Karena itu Basuki optimis seluruh ruas Trans Jawa bisa tersambung pada tahun 2018.

Menkeu Sri Mulyani mengatakan cepatnya pembangunan jalan tol Trans Jawa salah satunya pembiayaan infrastruktur yang tidak hanya mengandalkan APBN. “Kita hadirkan inovasi pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal negara melalui BUMN dan  kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU),” katanya.

Perkembangan lainnya untuk ruas tol Semarang-Demak sudah dilakukan tender. Pembangunan jalan tol dengan investasi Rp9 triliun ini sekaligus untuk penanganan banjir rob di Semarang dan Demak.

“Anggaran sebesar itu bukan hanya untuk pembangunan jalan tol tapi juga untuk mengatasi rob. Lelang sudah dilakukan, kalau pembebasan lahan lancar pada tahun ini juga proyek ini bisa langsung dikerjakan sehingga tahun 2018 bisa beroperasi semua,” pungkas Basuki.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me