Ada Sinarmas Land di Kalijodo…

Big Banner

JAKARTA, KompasProperti – Perubahan Kalijodo dari sebelumnya kawasan prostitusi menjadi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) mengubah wajah Jakarta secara signifikan.

Betapa tidak, RPTRA Kalijodo itu kini menjadi destinasi hiburan, relaksasi, bahkan tempat untuk menyalurkan hobi dan berbagai atraksi lainnya. 

Wajah baru Kalijodo, sejatinya tidak lepas dari peran Sinarmas Land. Pengembang raksasa inilah yang membangun Kalijodo menjadi ruang publik representatif, berkelas, lengkap, dan secara arsitektural demikian estetis.

Managing Director for President Office Sinarmas Land Dhony Rahajoe menjelaskan, keterlibatan Sinarmas Land murni karena tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR). 

“Tidak ada kesepakatan-kesepakatan atau deal-deal tertentu yang berbau komersial,” ujar Dhony, di Jakarta, Selasa (21/2/2017). 

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Suasana di sekitar Mural dengan tema Kalijodo dan sejarahnya di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta, Rabu (8/2/2017). Pengerjaan grafiti dan mural yang dilakukan ArtSip Jakarta 2017 dimulai pada Minggu (5/2/2017) sore dan melibatkan 11 seniman grafiti atau bomber.

Dia menuturkan, tanah yang dimanfaatkan pun statusnya adalah tanah negara, dan yang mengelolanya adalah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Dengan demikian, imbuh Dhony, sangat tidak mungkin perusahaan meminta kesepakatan atau tawar-menawar demi kepentingan komersial.

Dalam membangun ruang publik seluas 4 hektar tersebut, Sinarmas Land mengalokasikan dana tak kurang dari Rp 20 miliar. Dananya, diambil dari anggaran CSR perusahaan.

“Adapun kompensasi yang didapatkan hanya berupa logo perusahaan yang akan terpasang di RPTRA Kalijodo untuk selamanya,” buka Dhony.

Pembiayaan pembangunan ruang publik oleh pihak swasta, tambah Dhony, bukan hal baru. Ada banyak taman, atau ruang terbuka hijau di Jakarta yang dibiayai swasta, dan mereka mendapatkan benefit berupa pemasangan logo korporat.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Seniman graffiti (bomber) sedang mengerjakan mural dengan tema Kalijodo dan sejarahnya di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta, Rabu (8/2/2017). Pengerjaan grafiti dan mural yang dilakukan ArtSip Jakarta 2017 dimulai pada Minggu (5/2/2017) sore dan melibatkan 11 seniman grafiti atau bomber.

“Jadi, ini praktik yang lumrah. Dengan adanya logo Sinarmas Land, tidak ada hak bagi perusahaan lain untuk melakukan sesuatu atau mempromosikan kepentingannya di RPTRA Kalijodo,” tuntas Dhony.

RPTRA Kalijodo berada di kawasan Jakarta Barat. Terdapat beragam fasilitas yang melengkapinya.

Di antaranya arena skateboard berstandar internasional, plaza, forest sculpture, dan area tamasya. 

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me