Kurangi Kemacetan Jalur Mudik, Tol Solo-Ngawi pun Beroperasi Lebaran Ini

Big Banner
Kondisi Jalan Tol Solo-Ngawi yang akan difungsionalkan Lebaran 2017. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Pembangunan jalan Tol Solo-Ngawi sepanjang 90,25 kilometer bakal dikebut penyelesaiannya. Saat musim mudik Lebaran tahun ini, akan difungsionalkan meskipun baru bisa beroperasi total pada 2018.

“Ditargetkan bisa dilalui pemudik dari Kartosuro menuju Ngawi untuk menghindari kemacetan di sekitar Kota Solo yang padat. Nanti bulan Mei 2017 akan kami cek lagi progresnya,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, dalam peninjauannya, Senin (20/2).

Baca juga: Ini Dia Jalan Tol yang Bakal Beroperasi di 2017, Catat Ya!

Tol Solo-Ngawi merupakan jalan tol yang strategis, bagian dari Tol Trans Jawa yang ditargetkan tersambung pada 2018. PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) bertanggung jawab membangun ruas tol mulai dari Karanganyar-Ngawi sepanjang 70,30 kilometer yang terbagi menjadi dua paket.

Paket satu, dari Karanganyar-Mantingan dengan panjang 35,15 km dengan progres lahan 91,7 persen dan konstruksi 73 persen. Sementara paket dua, Mantingan-Ngawi sepanjang 35,15 km, progres lahannya sudah mencapai 92,4 persen dengan tingkat konstruksi 48,8 persen.

Baca juga: 2018, Sudah Bisa Bablas Tol Trans Jawa Nih!

“Pada paket satu, lahan yang belum bebas berada pada lokasi pembangunan 30 overpass yang akan dibangun. Sementara, untuk paket dua, konstruksi terkendala  lahan yang belum bebas yang tersebar di beberapa titik,” kata Direktur Utama PT SNJ, David Wijayanto menjelaskan. (Wit)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me