Perangi Polusi, Arsitek Ini Rancang Gedung Berfasad Tanaman

Big Banner

Nanjing, KompasProperti – Untuk membantu memerangi polusi udara di China, arsitek Italia Stefano Boeri akan merancang dua gedung berselimut tanaman hijau di Nanjing.

Upaya itu secara tak langsung membuat Boeri dianggap tengah menyasar pasar baru, yakni Asia.

Sebelumnya, arsitek spesialis bangunan hijau itu telah berhasil merancang gedung hijau bernama Bosco Verticale di Milan, Italia.

Konsep serupa yang akan dia bawa ke Nanjing di Timur China.

Prihatin pada kualitas udara di China, rancangan Boeri ini memberikan tujuan praktis mengatasi permasalahan di distrik padat penduduk Pukou, Nanjing.

Gagasannya pun sederhana, yakni dua menara yang diselimuti tanaman hijau yang dapat menyerap karbondioksida (CO2) sambil memaparkan oksigen ke udara sekitarnya.

Studi awal menunjukkan, gedung itu mampu menyerap hingga 25 ton CO2 tiap tahunnya dan menghasilkan 60 kilogram oksigen per hari.

Hasil tersebut tak terlepas dari 1.100 pohon dan 2.500 tanaman yang ‘ditanam’ dan digantung di masing-masing fasad gedung.

Gedung itu nantinya menjadi jenis pertama di Asia dan akan memiliki banyak fungsi.

Bagian gedung yang kecil difungsikan sebagai Hotel Hyatt, sedangkan bagian lebih besar difungsikan sebagai museum, klub atas atap, dan bahkan sebuah sekolah arsitektur untuk desain berkelanjutan.

Target penyelesaian proyek gedung ini adalah pada 2018 mendatang. Proyek ini bakal menjadi purwarupa rancangan Boeri di kota-kota penuh polusi lainnya di China.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me