Bahkan Bank China pun Tergiur Properti Indonesia

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Ketersediaan dana kredit pemilikan rumah (KPR) bagi masyarakat Indonesia bakal bertambah. China Construction Bank (CCB) mengambil alih PT Bank Windu Kentjana International Tbk dan berubah namanya menjadi PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk (CCBI).

CCBI berencana menyediakan dana KPR triliunan rupiah. Tak main-main loh mereka, untuk 2017 saja bank dengan aset terbesar kedua di dunia ini berencana menyaluran KPR di Indonesia senilai Rp2 triliun.

Baca juga: Begini Strategi Ciputra Group Tingkatkan Penjualan

“Kami berharap jumlah ini dapat terus meningkat sejalan dengan kerja sama dengan berbagai pengembang nasional,” kata President Director CCBI, Li Gou Fu, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (22/2).

Apa yang membuat CCBI berani berinvestasi sebanyak itu? Menurut Li, itu karena potensi besar pasar properti Indonesia dan komitmen pemerintah Indonesia yang terus menggiatkan infrastruktur.

Baca juga: Berniat Bangun Reputasi, Pengembang China Berani Investasi Triliunan Rupiah

Infrastruktur yang terbangun memang punya dua keuntungan. Pertama, menguntungkan masyarakat karena memudahkan mobilisasinya. Kedua, menguntungkan pengembang karena mendukung akses ke proyek properti yang dikembangkannya.

Kemudahan mobilisasi masyarakat akan bisa meningkatkan ekonomi dan finansialnya, sehingga mampu membeli properti. Jadi, investasi di sektor properti Indonesia memang gurih dan menjanjikan.

Baca juga: Lippo Group Gandeng Investor China Garap Kawasan Industri

Optimisme tersebut cukup menggerakkan China Construction  Bank untuk ikut bermain di sektor properti Indonesia. Padahal, bisnis inti bank yang dibiayai oleh China Construction Bank Corporation (CCBC) ini adalah pembiayaan infrastruktur dan konstruksi. Namun, kini melebarkan sayapnya ke properti juga.

“Potensi pasar properti Indonesia sangat besar. Populasinya terbanyak keempat di dunia dengan pertumbuhan ekonomi positif, dan akan terus membaik tahun ini,” kata Li yang berpandangan positif tentang pasar properti Indonesia.

 

rumah123.com