Pembangunan 5 Jalan Tol Ini akan Memperlancar Isi Kantong Kita?

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Adanya jalan tol tentunya melancarkan mobilisasi masyarakat. Tak heran kalau keberadaan jalan tol di suatu wilayah bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Untuk itu, pemerintah berkomitmen menambah panjang jalan tol di Indonesia. Gunanya memperlancar distribusi dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa.

Ada 5 proyek jalan tol yang sedang dibangun pemerintah. Jalan Tol Serang-Panimbang dengan panjang 84 kilometer, akan dikerjakan oleh konsorsium PT Wijaya Karya (WIKA). Nilai proyek ini Rp5,3 triliun.

Baca juga: Maret 2017, dari Jakasampurna ke Universitas Borobudur Bisa Lewat Jalan Tol Ini!

Ruas Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat dengan panjang 143 kilometer. Nilai investasi untuk progres jalan tol ini yakni Rp13,4 triliun.

Kemudian, Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat, bagian dari Tol Trans Sumatera. Hadirnya jalan tol ini akan mendorong pengembangan ekonomi masyarakat sekitar, sekaligus destinasi wisata Danau Toba.

Baca juga: 6 Ruas Tol Ini Bisa Dilalui pada 2017-2018, Tol Mana Sajakah?

Untuk menyokong pembangunan Bandara Kertajati, sekaligus demi mengurai kemacetan di jalur selatan Bandung-Cirebon yang terkoneksi dengan Tol Padalarang-Cileunyi, maka akan dibangun Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan sepanjang 58 kilometer.

Sedangkan Tol Serang-Panimbang sepanjang 84 kilometer dibangun untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Di wilayah ini ada destinasi wisata Tanjung Lesung di Banten Selatan. (Wit)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me