Pengelola Hotel Didorong Benahi Sertifikasi Usaha

Big Banner

Yogyakarta – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendorong pengelola industri perhotelan segera mengurus sertifikasi usaha dan penggolongan kelas hotel.

“Khususnya untuk hotel-hotel baru, kami imbau segera mengurus sertifikasi,” kata Ketua PHRI DIY, Istijab M Danunagoro, di Yogyakarta, Sabtu (25/2).

Menurut Istijab, hingga saat ini hampir seluruh hotel berbintang telah mengurus sertifikasi. Namun demikian, khusus untuk hotel-hotel baru masih banyak yang belum mengurus sertifikasi meski telah menggunakan label berbintang.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata DIY, hingga 2015 hotel berbintang di Kota Yogyakarta mencapai 92 hotel. Sebanyak 62 hotel di antaranya telah mengurus sertifikasi.

Ia mengatakan sertifikasi tersebut penting untuk meyakinkan para pengunjung hotel mengenai kualitas pelayanan sesuai label bintang yang dimiliki.

“Dengan memiliki sertfikasi maka kelayakan pelayanan hotel telah terjamin,” kata dia.

Sertifikasi, kata dia, dilakukan langsung oleh Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) di DIY. Adapun penilaian dalam sertifikasi tersebut di antaranya mencakup pengecekan kelengkapan dokumen hotel, fasilitas, serta pelayanan yang diberikan kepada pengunjung hotel.

Selain sertifikasi usaha perhotelan, menurut dia, jumlah sumber daya manusia di bidang perhotelan di daerah itu yang telah melakukan sertifikasi kompetensi juga masih rendah.

“Dari keseluruhan karyawan perhotelan di DIY yang telah tersertifikasi baru 30 persen,” kata dia.

Menurut dia, kepemilikan sertifikat bagi karyawan hotel pada dasarnya telah diwajibkan pemerintah seperti tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 52 tahun 2012 tentang Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Usaha di bidang Pariwisata, serta dalam Undang-Undang (UU) Nomor 10 tahun 2013.

“Kewajiban sertifikasi itu sudah berulang kali kami sosialisasikan,” kata dia.

 

sas.call(“std”, {siteId:135920,// pageId:756194,// Page : ID_Beritasatu/beritasatu_megapolitanformatId: 44269,// Format : Video-Read 1x1target:”// Targeting});

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me