Tol Bawen-Yogyakarta Masih dalam Tahap Studi dan Desain

Big Banner

JAKARTA, KompasProperti -Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, Jalan Tol Bawen-Magelang-Yogyakarta saat ini masih dalam tahap persiapan desain.

Proyek jalan tol ini tercantum dalam rencana induk Kementerian PUPR 2025 guna menunjang infrastruktur konektivitas menuju Kawasan Borobudur.

“Untuk Magelang-Yogyakarta sedang kami siapkan desainnya dan ini nantinya akan kami gabungkan dengan Bandara Kulonprogo dan juga pengembangan Borobudur,” jelas Basuki, di Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Sementara untuk ruas lainnya, yakni Bawen-Magelang saat ini sedang dipersiapkan studi kelayakannya.

Menurun Basuki, topografi ruas Tol Bawen-Magelang sama seperti Jalan Tol Purbaleunyi.

Adapun besaran biaya pembangunan jalan tol dengan perkiraan panjang mencapai 100 kilometer tersebut belum dapat disampaikan kepada publik.

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR Rido Matari Ichwan menambahkan, untuk studi kelayakan diperkirakan hanya memakan waktu enam bulan saja, termasuk kesiapan lahan seraya menyiapkan jumlah anggaran yang dibutuhkan.

“Saya kira belum soal anggarannya nanti akan dihitung dari pra studi kelayakannya dan ini akan dilelangkan nanti,” imbuh Rido.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me