Pembebasan Lahan Tol di Semarang Tembus 94 Persen

Big Banner

Semarang, KompasProperti – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Semarang, Jawa Tengah, optimistis pembebasan lahan untuk Jalan Tol Semarang-Batang, terutama di wilayah Kota Semarang bisa selesai dalam waktu dekat.

Sejauh ini, perkembangan pembebasan lahan sudah lebih dari 90 persen.

“Total 94 persen lahan di Kota Semarang sudah terbebaskan. Kami targetkan Februari sampai Maret ini bisa selesai seluruhnya,” ujar Kepala BPN Semarang Jonahar, kepada KompasProperti, Senin (27/2/2017).

Lahan tol di Kota Semarang ikut dibebaskan, terutama di seksi V Kaliwungu-Semarang sepanjang 10,9 kilometer.

Untuk itu, BPN terus melakukan proses ganti rugi terhadap warga yang lahan serta bangunannya terkena tol.

Rumah warga yang terkena jalur tol, terutama di Kecamatan Ngaliyan, terpantau sudah mulai dibongkar, rata dengan tanah. Kontruksi untuk jalan tol pun sudah dimulai.

“Hari ini kami berikan ganti untung kepada 17 warga Semarang, totalnya senilai Rp 18 miliar,” sebut Jonahar.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pun mengusahakan agar jalan yang sudah dibebaskan segera dibangun. Dengan demikian, jalur yang ada bisa dijadikan alternatif saat arus mudik Lebaran 2017.

“Kami optimistis Lebaran nanti jalan Tol Jakarta-Semarang sudah bisa dilalui,” ujar Kepala Bidang Pendanaan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Arif Haryono.

Kendati terhambat oleh musim hujan sampai April nanti, Arife memastikan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar bisa selesai tepat waktu.

Jalan Tol Semarang-Batang sepanjang 75 kilometer terbagi ke dalam lima seksi pengerjaan. Pengadaan lahan di tiap seksi bervariatif.

Kata Arif, seksi I Batang-Batang Timur sepanjang 3,2 kilometer sudah sudah 100 persen, lalu seksi II Batang Timur-Weleri sepanjang 36,35 kilometer mencapai 94 persen.

Kemudian seksi III dari Weleri-Kendal sepanjang 11,05 kilometer sudah mencapai 46,09 persen.

Seksi IV dari Kendal-Kaliwungu sepanjang 13,5 kilometer mencapai 33,27 persen dan seksi V di Kaliwungu-Semarang sepanjang 10,9 kilometer mencapai 94 persen. 

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me