551 Unit Rumah Tak Layak Huni di Sragen Dapat Bantuan PUPR

Big Banner
Salahsatu rumah di Sragen yang dibangun menggunakan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Sebanyak 551 rumah tidak layak huni di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah mendapatkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat).

Ada pun nilai yang disalurkan kepada masyarakat kurang mampu pada program ini yakni sebanyak Rp15 juta untuk peningkatan kualitas rumah. Sedangkan  untuk pembangunan rumah baru, dana yang diberikan Rp30 juta.

Baca juga: 11 Kampung Nelayan Bakal Ditata, Wah Nggak Kumuh Lagi Deh

“Bantuan yang diberikan berupa bahan bangunan untuk peningkatan kualitas rumah, juga pembangunan rumah baru,” kata Direktur Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Penyediaan Kementerian PUPR, Raden Johny Fajar Sofyan Subrata, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan jumlah rumah penerima BSPS di Kabupaten Sragen meningkat dari tahun sebelumnya. Sebelumnya, pada 2016 lalu, sebanyak 500 unit rumah juga sudah dibantu.

Baca juga: Banyak Promo Nih… di KPR BTN Mikro, Mau?

Dalam RPJMN 2015-2019, Kementerian PUPR menargetkan penurunan rumah tak layak huni (RTLH) sebanyak 2,5 juta unit harus berkurang jadi 1,9 juta unit pada 2019 mendatang.

Sementara 2016 lalu, program BSPS telah memperbaiki sekaligus membangun hunian baru sebanyak 97.888 unit. Jumlah ini meningkat dibanding 2015, sebanyak 82.245 unit rumah. (ed: dod)

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me