Hotel Terbesar di Dunia Beroperasi Akhir 2017

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Hotel terbesar di dunia sedang dibangun di Makkah, Arab Saudi,  hanya 2,2 km dari Masjidil Harram. Abraj Kudai Tower, demikian namanya, memiliki 10.000 kamar. Terdiri atas 12 menara setinggi 30-45 lantai, lima lantai di antaranya khusus untuk keluarga kerajaan Arab Saudi. Abraj Kudai Tower akan dilengkapi 70 restoran dan empat helipad. Di bagian podium akan diisi halte bus, shopping mall, restoran, food courts, conference centre dan area parkir. Sementara di bagian kubah atau bagian teratas gedung, akan dijadikan ballroom dan convention centre. Kabarnya di bagian ini juga akan terdapat kamar untuk kelas termahal. Dibangun sejak dua tahun lalu, ditargetkan akhir tahun ini sudah beroperasi. Hotel tersebut adalah salah satu dari 68 hotel baru yang akan beroperasi di Arab Saudi pada tahun ini.

online-hotel-abraj-kudai-tower

Menurut laporan terbaru Top Hotel Projects Saudi Arabia Hotel Construction Overview, hotel-hotel itu berlokasi di kota-kota utama Arab. Jumlah total kamarnya mencapai lebih dari 29.000 kamar. Selain dikelola oleh operator hotel internasional yang namanya sudah mengglobal, beberapa di antaranya dikelola operator hotel baru. Seperti Assila Hotel Rocco Forte (Q1 2017), TIME Qurayyat Hotel (Q2 2017), Nobu Hotel Riyadh (Q2 2017), dan Swiss-Belhotel Al Khobar (Q4 2017). Termasuk hotel terbesar di dunia tadi yang akan dikelola oleh operator baru.

Nobu Hospitality dan Rocco Forte Hotel baru pertama kali hadir di Arab Saudi. Nobu Hospitality berawal dari bisnis restoran di New York pada tahun 1994 yang digawangi oleh koki asal Jepang, bernama Nobu yang kemudian menjadi brand bisnisnya. Bersama pemilik saham lainnya yaitu aktor kaliber dunia, Robert de Niro dan produser film Hollywood, Meir Teper, bisnisnya dikembangkan ke sektor akomodasi wisata mewah. Hotel teranyarnya di Arab Saudi berlokasi di kota Riyadh, yang menampilkan desain khas Jepang, yang simple namun elegan dan hanya memiliki 134 suites.

Sementara itu, Rocco Forte Hotel yang akan buka Maret mendatang, berlokasi di pusat kota Jeddah. Hotel yang memiliki dua menara ini merangkum 147 kamar, 63 kamar suites serta 94 residential suites dan semuanya dikelola ala services apartments. Meskipun baru, tapi hotel ini sudah menjadi salah satu nominator dari Middle East’s Leading Hotel Residences 2016 yang diselenggarakan oleh World Travel Awards. Diilihnya Arab Saudi untuk pengembangan jaringan hotelnya, sebab menurut Christian Renz, Vice President Sales at Rocco Forte Hotels, kawasan Timur Tengah adalah lokasi penting mengingat jaringan hotel ini memiliki cukup banyak pelanggan dari kawasan tersebut, terutama dari Arab Saudi.  Sebab itu, “Saya berharap negara ini semakin terbuka untuk wisata internasional,” harapnya.

Menurut John Suzara, Event Manager the Hotel Show Saudi Arabia 2017, “Kondisi bisnis hospitalitas di Arab Saudi bergerak cepat dan tahun ini sangat menggairahkan.” Hal ini, imbuhnya, sejalan dengan visi kebangkitan Arab Saudi tahun 2030 di mana hal ini menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan bisnis perhotelan, wisata dan hiburan.

Sumber: berbagai sumber

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me