Investasi Apartemen di Australia Lebih Menguntungkan Dibandingkan Rumah Tapak

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Investasi properti di Australia terutama di Sydney dan Melbourne masih menjadi pilihan terbaik bagi investor asing terutama Asia.

Sydney menjadi tujuan favorit bagi para investor properti luar negeri yang mencari keuntungan finansial.

Baca juga: Sinar Mas Land Tawarkan Hunian Kaum Urban Bernuansa Alam

Banyak faktor yang menjadikan kota ini sebagai tujuan investasi properti. Pemerintah Australia melakukan investasi besar-besaran serta pertumbuhan perumahan dan area komersial yang cepat.

Salah satu analis properti paling berpengalaman di Australia, SQM Research memprediksi kalau kenaikan harga properti sebesar dua digit untuk Sydney dan Melbourne pada 2017.

Baca juga: Hmm, Ini Dia Tren Furnitur dan Interior Terbaru dari Informa

SQM memperkirakan kalau pertumbuhan harga properti di Sydney mencapai 11-16 persen, sementara di Melbourne akan berkisar pada 10-15 persen.

Harga rumah dan apartemen di Sydney telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Namun, harga beli apartemen sebenarnya lebih terjangkau bagi investor.

Baca juga: Chadstone Cikarang Tawarkan Superblok dengan Konsep 5 in 1, Seperti Apa Ya?

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan investor yang membeli apartemen dibandingkan rumah tapak.

Situs data properti CoreLogic RP Data menyatakan pada 31 Juli 2016 bahwa nilai rata-rata untuk rumah di Sydney hampir 33 persen lebih tinggi dari apartemen.

Baca juga: Ini Alasan Astra Land Membuat Proyek Properti Premium

CoreLogic RP Data juga menyatakan kalau harga kenaikan apartemen malah bisa mencapai 9,41 persen, pertumbuhan ini malah lebih baik dari rumah tapak.

Tidak hanya itu, rata-rata biaya sewa unit apartemen di Sydney mencapai 4 persen, sedangkan untuk rumah tapak hanya 3,1 persen.

Baca juga: Nah, Inilah Superblok dengan Lokasi Paling Strategis di Cikarang

“Jika Anda ingin membuat investasi di pasar properti Sydney, keuntungan yang diberikan oleh apartemen sangat jelas. Bila Anda ingin benar-benar memaksimalkan ini, pastikan untuk melihat kualitas atas kemewahan yang ditawarkan oleh pengembang,” ujar Global Head Sales & Marketing Crown Group, Julian Sedgwick dalam rilis persnya Rabu (1/3).

Crown Group adaah perusahaan properti terkemuka di Australia. Perusahaan ini mengembangkan sejumlah proyek apartemen premium di Sydney.

Baca juga: Land Bank Jadi Modal Astra International Terjun ke Bisnis Properti

Perusahaan ini didirikan pada 1996 oleh arsitek bernama Iwan Sunito dan insinyur sipil bernama Paul Sathio.

rumah123.com