200 Kepala Keluarga Wondama Akhirnya Tempati Rumah Layak Huni

Big Banner
Rumah yang terbangun di Teluk Wondama, Papua Barat dalam bentuk bedah rumah dari Kementerian PUPR. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Selama tiga tahun terakhir, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  telah mengalokasikan rumah khusus (rusus) sebanyak 200 unit di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

“Kami berharap adanya rusus bisa membantu masyarakat di wilayah Timur Indonesia untuk dapat memiliki rumah yang layak huni,” kata Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin, di Jakarta, Rabu (1/3).

Baca juga: Rumah Khusus untuk Peneliti, Kayak Apa Sih?

Selain bantuan rusus, akan ada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah sebanyak 300 unit di Kabupaten Teluk Wondama. Adanya program tersebut berkat pendataan kerjasama dengan pemerintah daerah.

Bupati Teluk Wondama, Bernadus A Imburi menyatakan ada 47 ribu jiwa di Wondama belum memiliki rumah layak huni.

Baca juga: 551 Unit Rumah Tak Layak Huni di Sragen Dapat Bantuan PUPR

“Di daerah kami (Wondama), akan prioritaskan program perumahan. Supaya kualitas hunian di kawasan tersebut juga bisa meningkat,” ujarnya saat mengunjungi Kementerian PUPR.

Program BSPS dan rusus tersebut bagian dari realisasi NawaCita. yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. (ed: dod)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me