Inovatif, Dari Semula Mustahil di Kaveling Sangat Sempit Dibangun Rumah Iconic

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Di perkotaan terutama kota-kota metropolitan rumah menjadi barang mewah. Harga tanah yang sangat mahal dan langka membuat orang tidak mudah memilikinya. Agar terjangkau ukuran rumah dibuat semakin kecil dan kompak. Tren ini sudah berlangsung beberapa tahun terakhir di Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek). Alternatifnya apartemen, tapi tidak setiap orang suka apartemen. Selain itu suplai apartemen dengan harga terjangkau relatif terbatas dan bagi pasangan dengan satu atau dua anak tinggal di apartemen ukuran terkecil (studio/22 m2) tidak memadahi.

home2
home1

Kendati tidak direkomendasikan membangun rumah tapak (landed house) di perkotaan sebagai alternatif atas kondisi tadi masih dimungkinkan. Yaitu memanfaatkan dan mengoptimalkan lahan-lahan yang kurang ideal untuk rumah. Misalnya lahannya sempit, bentuknya tidak standar, letaknya di kawasan padat, dsb.

Toilet

Toilet

Dapur

Dapur

Ini menjadi tantangan bagi arsitek bagaimana merancang rumah nyaman dan memdahi di tempat-tempat seperti itu. Di Jepang perancangan seperti ini bisa berhasil. Di lahan yang tidak standar, sempit memanjang, tapi bisa dibangun rumah dengan fungsi ruang komplit. Yang paling penting rumahnya cukup nyaman dan terasa lega. Dapur, kamar mandi, kamar tidur tersedia dalam ukuran memadahi. Selain itu rumah dirancang cukup bagus, desain dan iteriornya sangat menarik.

Kamar Tidur

Kamar Tidur

Ruang Keluarga

Ruang Keluarga

 

Sumber: www.hipwee.com
Foto-foto: www.boredpanda.com

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me