Ali Tranghanda: Pembangunan Infrastruktur Bikin Jakarta Timur Naik Daun

Big Banner
Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda, saat memaparkan perkembangan properti 2017. Foto: Rumah123/IST

Berdasarkan rating wilayah, potensi wilayah, infrastruktur, pertumbuhan harga tanah, tingkat persaingan, dan gambaran lokasi, Jakarta Timur menempati posisi tertinggi untuk potensi wilayah saat ini.

Nilai rating Jakarta Timur 160, diikuti Jakarta Barat 130, Jakarta Selatan 120, Jakarta Utara 110, dan Jakarta Pusat 80. Meski sebelumnya, wilayah barat dan selatan Jakarta ke arah TB Simatupang masih jadi pilihan pengembang mengembangkan bisnisnya.

Baca juga: Baru Aja Topping Off, Ruko di Superblok Jakarta Timur Ini Sudah Laku 6 Unit!

“Pergerakan pasar properti di Jakarta mengarah ke Jakarta Timur dengan potensi sangat luar biasa. Bukan tanpa alasan, banyak faktor yang mendukung Jakarta Timur sebagai arah perkembangan properti saat ini,” ujar Direktur Eksekutif IPW (Indonesia Property Watch), Ali Tranghanda, pada pemaparan market properti 2017 di Jakarta, Kamis (2/3).

Faktor pendukung berkembangnya Jakarta Timur saat ini yakni adanya pembangunan infrastruktur. Sebut saja pelebaran wilayah dari Kelapa Gading yang terus mengarah ke Timur melewati Pulogadung dan Cakung.

Selain itu, pengembangan daerah pusat kegiatan yang mengarah ke Cawang dan jalur Light Rail Transit (LRT), menjadikan kawasan Jakarta Timur berpotensi bernilai tinggi untuk pasar properti.

Ali menambahkan, kawasan Pulogadung bakal bebas industri dan akan memberikan keuntungan secara komersial.

Baca juga: Saatnya Berinvestasi di Timur Jakarta, Ini Wilayah Sunrise Property Lho!

“Dipastikan para pelaku pasar properti akan menjadikan Jakarta Timur sebagai salah satu pertimbangan dalam melengkapi portofolio investasinya. Tidak terkecuali para retailer internasional, yakni Lulu Hypermarket, Aeon Mall, IKEA, bahkan pengembang luar negeri Hongkong Land mulai masuk ke wilayah ini,” ucapnya.

Masih belum terkoneksinya ruas-ruas tol di koridor timur membuat potensi pasar properti belum menampakkan gairahnya. Namun, pertumbuhan properti di Jakarta Timur atau timur Jakarta akan bergeliat apabila Tol Cakung-Cilincing-Tanjung Priok terhubung. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me