IKEA Gandeng Perajin Interior dari Limbah Perca

Big Banner
Kerajinan milik Tri Retno dari limbah perca berhasil memasuki IKEA Alam Sutera Tangerang. Foto: Rumah123/IST

Tidak semua produk lokal Indonesia bisa dijual di IKEA. Hal ini dikatakan oleh General Manager IKEA Indonesia, Mark Magee, pada saat pembukaan Teras Indonesia di IKEA Alam Sutera Tangerang, Kamis (2/3).

Beruntung Retno M, pendiri usaha kerajinan berlabel Citra yang berada di Sawangan Permai, Depok, terpilih menjadi salah satu produk yang masuk kualifikasi IKEA. Sebanyak 8 tenaga kerja membuat kerajinan sederhana di UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) ini. Antara lain, taplak meja makan, sarung bantal, serbet, penutup galon dan masih banyak lagi.

Baca juga: Beda Bahan Pelapis Sofa, Beda Juga Penanganannya Lho

Kerajinan Citra khas menonjolkan kain berwarna putih berpadu motif-motif rajutan dari limbah perca. Retno mempergunakan limbah perca tersebut untuk mempercantik kain putih polos tersebut.

“Motifnya ini kami ambil dari kain bekas (perca) yang dibuang penjahit. Nah… itu kami olah lagi,” kata Retno.

Baca juga: IKEA Business, Jawaban untuk yang Baru Buka Bisnis Nih…

Motif tempelan tersebut lantas disempurnakan lagi dengan menggunakan komputer. Meski belum pernah dipasarkan secara internasional, kerajinan miliknya kerap jadi suvenir. Tiap bulan perajin Citra memproduksi seribu potong yang terdiri atas 12 macam produk.

Bantal atau penutup galon yang dibuatnya sangat rapi dna menawan. Harganya  pun terjangkau.

“Yang paling rendah harganya Rp25 ribu dan tertinggi Rp600 ribuan. Itu taplak meja yang tinggi kami jual Rp500.000-an,” katanya. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me