Papua dan Papua Barat Dapat Anggaran Rp 245 Juta Per Desa

Big Banner

JAKARTA, KompasProperti – Pembangunan infrastruktur di Papua meliputi berbagai macam bidang. Salah di antaranya bidang Cipta Karya di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam bidang ini, pemerintah memastikan penduduk Papua dapat menikmati pelayanan air minum dan sanitasi, khususnya di wilayan pedesaan.

Dengan pendampingan, total alokasi dari pemerintah melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Masyarakat (Pamsimas) ini mencapai Rp 245 juta per desa.

“Papua maupun Papua Barat, pembangunan di bidang Cipta Karya melibatkan masyarakat yang didampingi tenaga pendamping,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat Diskusi Media “Visi Indonesia Sentris Pemerataan di Papua”, di Jakarta, Minggu (5/3/2017).

Terdapat 45 desa yang mendapat manfaat tersebut. Desa-desa ini berada di 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Manokwari, Maybrat, Sorong, dan Sorong Selatan.

Sasaran dari program ini adalah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di pedesaan yang mengalami keterbatasan atau rawan akses air minum dan sanitasi layak.

Tujuannya, meningkatkan akses aman air minum dan sanitasi layak yang berkelanjutan dan perilaku hidup bersih dan sehat.

Selain itu, pemerintah juga berharap program ini dapat mengubah perilaku buang air sembarangan dan menurunkan angka penyakit.

Terakhir, pemerintah bertujuan untuk mengarusutamakan program penyediaan ases air minum dan sanitasi melalui partisipasi aktif masyarakat.

Adapun dalam program ini, tidak hanya Kementerian PUPR yang bekerja, tetapi juga Kementerian Kesehatan, Kementerian Desa, dan Kementerian Dalam Negeri.

–– ADVERTISEMENT ––

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me