Cara Menghindari Kesalahan Dekorasi

Big Banner

KompasProperti – Untuk membuat tempat kita hidup menjadi indah dan fungsional, kadang-kadang kita membuat kesalahan dekorasi yang berujung penyesalan.

Pilihan dekorasi yang salah bisa berasal dari perencanaan yang buruk, keputusan terburu-buru, atau keragu-raguan.

Ada beberapa cara untuk menciptakan rumah yang Anda inginkan.

1. Temukan gaya Anda

Kurangnya kepercayaan mengarah pada kebimbangan. Jangan akhiri dekorasi yang nanggung dan tidak mengekspresikan apa-apa tentang Anda.

Sebaliknya, zona kenyamanan Anda mungkin mendeskripsikan Anda yang sebenarnya.

Jelajahi pilihan desain berani mungkin menakutkan. Ini adalah tanda-tanda Anda harus meminta bantuan agar Anda tidak kebingungan dan kehilangan kepercayaan dalam naluri.

Pertimbangkan untuk menyewa jasa seorang desainer interior atau dekorator. Mereka adalah profesional terlatih yang akan melihat rumah Anda dengan mata yang segar.

Jadilah yakin, bahwa sesuatu yang baik tidak akan memaksakan rasanya pada Anda, tetapi justru akan mengarahkan Anda ke beberapa pilihan untuk memperjelas visi Anda.

Houzz Ilustrasi interior desain

2. Pilih karya seni karena Anda menyukainya

Jangan pernah membeli karya seni hanya karena cocok atau untuk mengisi dinding.

Seni harus mengangkat semangat Anda, memprovokasi pemikiran, atau membuat Anda berhenti sejenak dan menikmatinya.

Seni adalah pribadi, sehingga carilah yang mencerminkan Anda. Seni tidak melulu harus yang layak dipajang di museum.

Ada beberapa pilihan untuk itu, misalnya foto profesional dan keluarga, hiasan dinding, seni anak-anak, hadiah dari teman dan usaha Anda sendiri.

Untuk menggantung seni, tempatkan pada setingkat mata. Jika Anda menggantung sepotong seni yang menakjubkan di atas permukaan di mana Anda juga ingin memamerkan barang-barang lainnya, belajar seni sketsa.

3. Bersabar dengan cat

Menguji warna cat kadang-kadang membutuhkan waktu lebih lama daripada menerapkan cat.

Para ahli menyarankan bahwa Anda harus selalu menguji cat di dinding dalam satu ruang yang dituju.

Tekstur permukaan dinding berbeda dari lembar sampel. Terapkan dua lapis dan selalu gunakan lapisan primer jika bekerja dengan warna yang kuat. Kemudian tes pada setiap dinding yang akan dicat.

Houzz Ilustrasi cat

4. Seimbangkan harga dan kualitas

Furnitur mewah tidak secara otomatis membuat ruangan yang indah, namun perlu diingat pepatah bahwa “sesuatu yang murah bisa berakhir mahal.”

Sebuah furnitur yang murah akan menunjukkan keindahan yang sesungguhnya lebih cepat dari yang Anda inginkan. Kuncinya, selalu beli yang terbaik semampu Anda.

5. Melampaui batas

Desainer Anne Ellard menyebutnya katalog tampilan dan mengatakan, jangan malu melampaui batas-batas gaya.

“Saya lebih suka, tampilan eklektik alami yang menggabungkan berbagai gaya dan potongan-potongan dari era yang berbeda,” kata dia.

Houzz Ilustrasi interior desain

6. Cermati ukuran

Pengukuran yang sering diabaikan adalah tinggi lengan kursi makan. Jangan membeli kursi tanpa pengukuran itu.

Periksa ketinggian terhadap meja Anda jika ruangan cenderung sempit dan kursi harus terselip di bawahnya bila tidak digunakan. Dalam situasi ini, pilihan terbaik mungkin dengan memilih kursi tanpa lengan.

7. Dapatkan lampu yang tepat

Untuk mendapatkan cahaya yang sempurnya, minimal gantung lampu setinggi 32 inci antara dasar cahaya dan meja.

Untuk menghindari kesalahan, konsultasilah dengan desainer pencahayaan dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti ketinggian langit-langit, terang-tidaknya sumber cahaya, ukuran warna dan panjang rantai.

Cobalah membawa lampu untuk menerangi di ruangan gelap sehingga Anda dapat melihat tampilannya di malam hari dan memeriksa penyebaran cahaya. Beberapa toko pencahayaan memiliki bilik khusus untuk tujuan ini.

8. Jaminan

Setelah semua langkah telah dilalui, ketahui juga barang-barang ini mungkin bisa rusak. Simpan dokumen garansi dan struk pembelian.

Perjelas rincian garansi untuk barang besar, misalnya apakah ada kondisi khusus dan bagaiamana prosedur klaim di waktu mendatang.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me