New York, Kota Berpenduduk Superkaya Terbanyak di Dunia

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Bersamaan dengan survei tahunan the Wealth Report, Knight Frank juga merilis kota-kota dengan warga yang masuk kategori wealth people alias orang superkaya terbanyak. Knight Frank mengklasifikasi warga super kaya tersebut dalam dua kategori besar: UHNWI (Ultra-high-net-worth individual ) yaitu individu yang mempunyai kekayaan bersih tidak termauk residen utamanya, senilai 30 juta dolar AS (Rp401 miliar), dan HNWI (High-net-worth individual), yakni individu yang kekayaan bersih tidak termasuk residen utamanya, lebih dari 1 juta dolar AS (Rp 13,4 miliar).

online-newyork

Dirilis dalam City Wealth Index, termaktub empat penilaian untuk penilaian soal kekayaan tersebut. Pertama current wealth yaitu kondisi muktahir jumlah wealth people di kota tersebut tersebut, investment yaitu jumlah (dalam dolar AS) investasi personal di sektor properti sepanjang tahun 2016, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Lalu connectivity, jumlah perjalanan di dalam dan ke luar negeri dengan menggunakan penerbangan kelas bisnis atau utama, dan future wealth yakni proyeksi jumlah warga super kaya yang tinggal di kota tersebut pada tahun 2026.

Keempat faktor tersebut dirangkum dan ada 20 kota dengan jumlah penduduk super kaya di dunia. Lima teratas secara berturut-turut adalah London (Inggris), New York (AS), Hong Kong (RRT), Shanghai (RRT) dan Los Angeles (AS). Meski teratas, tapi ternyata London bukan kota dengan jumlah populasi super kaya terbesar. Ibu kota Inggris ini menempati posisi tertinggi untuk jumlah warga super kaya yang berinvestasi di properti (juga menjadi tujuan tempat berinvestasi) dan jumlah terbanyak untuk warga super kayanya yang kerap melanglang buana.

Adapun kota dengan jumlah individu super kaya atau mereka yang masuk kelas UHNWI terbanyak saat ini adalah kota New York, yaitu sebanyak 6.570 orang. Kota berjuluk ‘the big apple’ itu juga menjadi kota yang akan paling banyak dihuni warga super kaya di tahun 2026 (8.541 orang). Untuk kategori ini, merapat di bawah New York adalah London (4.750 orang) dan Hong Kong (4.080 orang). Jumlah warga super kaya di Shanghai saat ini memang tidak sebanyak kota-kota tersebut, tapi pada tahun 2026, kota terbesar di Tiongkok Daratan ini akan berada di posisi ketiga (6.540 orang), mengalahkan Hong Kong (5.712 orang). Proyeksi tahun 2026, London masih di sisi kedua dengan jumlah UHNWI sebesar 6.175 orang. Hasil survei ini menunjukkann, Shanghai akan menjadi kota yang makin disukai para warga super kaya dengan fungsinya sebagai pusat bisnis dan keuangan Asia, dibandingkan Hong Kong.

Hasil indeks itu juga menarik, bahwa ada lima kota di kawasan Asia selain Hong Kong dan Shanghai yang masuk dalam the big 20 tersebut. Kota-kota tersebut adalah Singapura (urutan 6), Beijing – RRT (8), Tokyo – Jepang (9), Seoul – Korea Selatan (14) dan Taipei – Taiwan (15). Di kelima kota ini jumlah warga di kategori UHNWI juga termasuk tinggi, di mana Beijing adalah yang terbanyak (2.640), bahkan mengalahkan Shanghai (2.580). Sementara di kota-kota lainnya, jumlah UHNWI-nya berturut-turut adalah Tokyo (2.540), Singapura (2.500), Seoul (1.910) dan Taipei (1.160).

Saat ini jumlah warga super kaya di Ho Chi Minh City, Vietnam juga masih relatif sangat sedikit, hanya 90 orang. Tapi tahun 2026, jumlah itu akan melonjak hingga 170 persen, yang mana ini adalah pertumbuhan jumlah UHNWI terbesar. Pertumbuhan yang tinggi itu juga akan terjadi di kota-kota yang saat ini belum masuk radar warga super kaya. Yaitu Colombo (Srilangka), Grand Baie (Mauritius, Afrika) dan Hydebarad (India), yang ketiganya tumbuh 160 persen. Sementara Shanghai dan Shenzhen (Tiongkok) serta Mumbai (India) berkembang sebesar 150 persen.

Bagaimana dengan Jakarta? Memang tidak termasuk dalam the big 20, tapi bukan berarti jumlah UHNWI-nya menyurut. Jumlah warga super kaya di Jakarta ini mencapai angka 710, dan di seluruh Indonesia ada sebanyak 1.140 orang. Dari jumlah tersebut, tercatat ada 19 individu di Indonesia yang memiliki kekayaan pribadi bersih bernilai lebih dari satu miliar dolar AS atau Rp13,4 triliun. Nta

Sumber: Knight Frank

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me