Jalan Tol Dongkrak Properti Depok

Big Banner

 

JAKARTA – Pembangunan infrastruktur jalan tol Cinere – Jagorawi (Cijago) dan Depok – Antasari (Desari) diprediksi mendorong pertumbuhan properti di Depok, Jawa Barat. Selain itu, beroperasinya dua tol tersebut diprediksi mendongkrak harga lahan di wilayah Depok sekitar 20% per tahun.

“Kehadiran jalan tol yang melalui Depok sangat ditunggu masyarakat karena sekarang hanya ada satu jalur utama menuju Jakarta yakni lewat Margonda. Saat ini, harga lahan di Depok sudah tinggi. Apalagi dengan adanya jalan tol nanti sangat mengerek harga tanah,” kata Ali Tranghanda, Direktur Indonesia Property Watch (IPW) saat dihubungi Investor Daily dari Jakarta, Selasa (7/3).

Di sisi lain, kata dia, beroperasinya kedua jalan tol tersebut akan menggeser tren pengembangan hunian di kawasan Depok. Pertama, pembangunan residensial akan mengarah ke pinggiran Depok seperti Sawangan dan Bojong Gede. Hal ini disebabkan terbukanya akses jalan menuju kawasan tersebut.

“Kedua, pastinya pembangunan hunian akan mengarah ke vertikal seperti di Jakarta. Ini karena harga lahan di pusat kota Depok sudah sangat tinggi,” katanya.

Menurut dia, pasar hunian vertikal di Depok akan lebih berkembang. Jika pada 2003 proyek-proyek apartemen hanya menyasar pasar sewa mahasiswa, maka dalam beberapa tahun, pasar ini akan membidik end user.

“Kalau dulu apartemen tidak menjadi pilihan hunian tetap. Tapi karena harga lahan tinggi, maka apartemen menjadi tren baru. Di samping itu, pembangunan rumah tapak akan bergeser ke pinggir,” katanya.

sas.call(“std”, {siteId:135920,// pageId:756194,// Page : ID_Beritasatu/beritasatu_megapolitanformatId: 44269,// Format : Video-Read 1x1target:”// Targeting});

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me