DP Besar atau Kecil, Tetap Untung Kok!

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Ada yang nunggu uang muka atau down payment (DP) Kredit Pemilikan Rumah (KPR) jadi 0 persen, atau 0 rupiah. Ada juga yang justru lagi kumpulkan uang untuk bisa bayar DP lebih besar. Bagusnya bagaimana sih?

Seperti diketahui, DP memang menjadi bagian harga rumah yang harus dibayarkan di awal kredit. Besaran DP tentu memotong harga rumah yang kemudian masuk sebagai kredit yang akan dicicil sesuai kesepakatan tenor.

Baca juga: Beli Rumah Itu Harus Nekat, Jangan Malah Telat!

Anggapan DP besar akan meringankan beban kredit tentu benar, tapi teori itu belum tentu berlaku sebaliknya. Artinya, DP kecil belum tentu membuat cicilan kamu makin berat.

Untuk mereka yang membeli rumah pertama, kebanyakan rumah yang ditawarkan adalah rumah bentuk dasar. Sebut saja rumah dengan dua kamar tidur dan satu kamar mandi. Tentu banyak yang ingin merenovasinya agar lebih nyaman ditempati.

Nah, untuk kalangan ini, DP besar tentu justru memberatkan. Ada baiknya memilih DP yang lebih kecil, dan mengalokasikan sisa uang untuk kemudian merenovasi hunian idaman tersebut.

Baca juga: Ga Harus Nunggu Bunga Kredit 1 Digit Juga Bisa Beli Rumah Kok!

Lagi pula, sebesar apapun cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya, konsumen dijamin tidak akan merugi. Pada waktu tenornya usai, keuntungan pasti masih berpihak pada kamu lantaran harga rumah juga sudah jauh lebih mahal.

Jadi, sekarang waktunya memang harus nekat untuk bisa punya hunian sendiri. Kebanyakan mikir ini itu, malah cuma memperlambat langkah kamu.

Punya uang banyak, ga masalah bayar DP besar. Punya uang sedikit? Ayo, buruan ajukan aplikasi KPR-mu, jangan sampai uangnya terpakai kebutuhan lain yang belum tentu penting.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me