Pilih “Utang”, atau Ga Punya Rumah Selamanya?

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock Photo

“Saya mau menabung aja. Mau beli rumah cash. Ga mau punya utang soalnya.” Banyak yang bercita-cita mulia seperti ini. Banyak. Lantas berapa banyak yang berhasil mewujudkannya?

Siapa sih yang mau punya utang? Jawabannya pasti tidak ada, tapi bagaimana dengan properti, terutama rumah yang harganya terbilang ratusan juta rupiah? Seberapa banyak orang yang berhasil mengumpulkan uang tunai ratusan juta rupiah untuk beli rumah?

Baca juga: KPR Subsidi Disetujui, Konsumen Langsung Dapat Bantuan DP, Mau?

Pikir deh, apa Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebegitu banyak mudaratnya ketimbang manfaat? Adalah Ria (35 tahun) nekat membeli rumah sembilan tahun silam.

Kala itu, harga rumah yang dibelinya hanya Rp75 juta. Lantaran tak memiliki uang itu, karyawan swasta ini memilih KPR sebagai solusinya.

“Saya bayar sekitar Rp1 juta lebih sedikit, selama 10 tahun,” kata Ria kepada Rumah123 beberapa waktu lalu. “Total DP dan biaya lain-lain sekitar Rp18 juta. Jadi saya bayar sekitar Rp150 juta.”

Baca juga: Bunga KPR Lagi Turun Nih, Bahkan Ada yang Fixed Sampai 5 Tahun Loh…

Cukup mencengangkan lantaran uang yang harus dibayarkan melalui KPR, total mencapai 100 persen dari harga rumah. Rugi? Tidak. Pasalnya, menurut Ria, harga rumahnya tersebut kini sudah berkisar Rp 350 juta.

Ria menegaskan, tak ada kata rugi jika memaksakan beli rumah, meski lewat KPR yang harus mencicil dengan bunga kredit sekalipun. “Jangan hanya mempertimbangkan kondisi sekarang, masa depan juga harus diperitungkan.”

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me