Perhatikan 7 Hal Ini Bila Pindah ke Rumah Baru

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Punya rumah sendiri yang akan dijadikan tempat membangun masa depan keluarga menjadi dambaan setiap orang. Seseorang yang baru memiliki rumah untuk pertama kalinya dengan membeli dari pengembang biasanya tidak sabar melihat rumahnya segera selesai. Mereka ingin segera menempati karena tinggal di rumah sendiri lebih tenang dan nyaman.  Pindah ke rumah baru menjadi agenda yang harus disiapkan usai serah terima dari pengembang. Perlu persiapan lebih seksama agar proses pindahan berjalan lancar dan tidak banyak kerepotan di rumah yang baru. Persiapan pindah dan pernak-pernik yang diperlukan bisa dilakukan dan dipenuhi secara bertahap. Selain lebih tenang Anda juga dapat mengontrol pengeluaran. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan dan disiapkan sebelum pindah.

Dapur Mungil

Dapur Mungil

Ruang Tamu Mungil

Ruang Tamu Mungil

  1. Siapkan perlengkapan utama atau kebutuhan dasar yang diperlukan di rumah baru. Misalnya gordin untuk ruang utama dan kamar tidur harus sudah siap dan dipasang sebelum pindah. Untuk keamanan seluruh jendela sebaiknya dipasang teralis dari bahan metal.
  2. Pastikan seluruh titik lampu sudah terpasang bohlam dan bisa menyala dengan normal.
  3. Untuk mengantisipasi terjadinya kemungkinan buruk gantilah anak kunci terutama pintu untuk akses keluar, yaitu pintu utama dan dapur. Kalau ada orang yang pernah menggandakan kunci untuk maksud buruk dia tidak bisa menggunakan kuncinya masuk ke dalam rumah.
  4. Sumber air atau sumur merupakan faktor paling vital dalam sebuah rumah. Karena itu pastikan sumber air tidak bermasalah sebelum pindah. Jangan sampai terjadi baru menempati rumah penghuninya tidak bisa mandi karena sumber airnya mampat. Karena itu bertanyalah  pada pengembang atau kontraktor berapa meter kedalaman sumur. Tanya juga pada tetangga sekitar pada musim kemarau airnya kering tidak. Kalau memang sumurnya perlu diperdalam lakukan sebelum pindah karena kalau sudah ditempati akan sangat repot. Bila dananya mencukupi buatlah water torn untuk penampungan air sehingga Anda tetap punya air saat listrik padam.
  5. Rumah mungil yang dibeli dari pengembang terkadang belum dilengkapi dapur. Ini untuk menekan harga jual agar lebih terjangkau konsumen. Karena itu sebelum ditempati siapkan dulu dapurnya, lokasinya umumnya di teras belakang, kalau dananya tersedia bisa membuat dapur lebih permanen.
  6. Siapkan peralatan dapur dan memasak seperti kompor, tempat memasak air dan sayur, penggorengan, dll. Lengkapi dengan peralatan makan secukupnya seperti piring, mangkuk, gelas, dan sendok.
  7. Hindari membeli perabotan sebelum rumah jadi khususnya rumah ukuran mungil. Ini untuk menghindari perabotannya tidak pas atau terlalu besar. Agar perabotan yang dibeli lebih persisi dan nyaman dipakai ukurlah ruangan lebih dulu. Sesuaikan ukuran perabotan dengan kondisi ruang, jangan terpikat dengan bentuk perabotan karena itu tidak selalu tepat dengan rumah kita.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me