Desain Arsitektur Indah dan Puitis Antarkan RCR Arquitectes Raih Pritzker Prize 2017

Big Banner
Bangunan yang Didesain oleh RCR Arquitectes (Rumah123/Dezeen)

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Pritzker Prize, tiga arsitek berhasil memenangkan penghargaan prestisius ini.

Tiga arsitek asal Spanyol, Rafael Aranda, Carme Pigem, dan Ramon Vilalta menjadi pemenang penghargaan Pritzker Prize 2017.

Baca juga: Arsitek CN Tower Meraih Penghargaan Medali Emas RAIC 2017

Tiga arsitek yang merupakan pendiri biro arsitek RCR Arquitectes ini menjadi pemenang Pritzker Prize ke-39.

Aranda, Pigem, dan Vilalta bakal memperoleh hadiah uang sebesar US 100.000 dollar (Rp 1,3 miliar) dan juga menerima medali perunggu dalam acara yang akan diselenggarakan di State Guest House, Tokyo, Jepang pada 20 Mei 2017.

Baca juga: Gedung Rancangan Renzo Piano Ramaikan Distrik SoMa San Francisco

Pritzker Prize merupakan penghargaan paling bergengsi bagi arsitek. Penghargaan ini diberikan pertama kali pada 1979.

Rafael Aranda, Carme Pigem, dan Ramon Vilalta memulai karier profesional arsiteknya pada 1988 dengan mendirikan biro arsitek RCR Arquitectes. RCR merupakan inisial nama depan mereka.

Bangunan yang Didesain oleh RCR Arquitectes (Rumah123/Dezeen)

Baca juga: Tiga Arsitek Spanyol Meraih Penghargaan Bergengsi Arsitektur Pritzker Prize 2017

“Mereka berhasil menampilkan kesatuan dari material yang digunakan dan bisa memunculkan kekuatan yang luar biasa dan juga kesederhanaan bagi sebuah bangunan,” ujar Ketua Dewan Juri Pritzker Prize 2017, Glenn Murcutt seperti dilansir oleh Dezeen. Murcutt adalah arsitek senior dari Australia. Dia pernah memenangkan Pritzer Prize pada 2002 lalu.

“Kolaborasi dari tiga arsitek ini menghasilkan desain arsitektur hingga tingkat puitis yang tidak bisa dielakkan lagi. Karya mereka juga mewakili hasil kerja yang tidak lekang oleh waktu dan merefleksikan rasa hormat yang besar untuk masa lalu, proyek-proyek ini juga menyajikan wujud dari masa kini dan masa mendatang,” lanjut Murcutt.

Baca juga: Kapasitas Stadion Lama Minim, Oakland Raiders Bangun Stadion Futuristik

Sejumlah karya bangunan yang didesain oleh RCR Arquitectes dan dipuji dewan juri adalah bangunan krematorium, perkantoran, perpustakaan, restoran, hingga trek lari. Semua proyek ini tersebar di beberapa negara Eropa seperti Spanyol, Prancis, dan Belgia.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me