Tahun Ini, Pemerintah Alokasikan Rp9,7 T untuk Biayai 120 Ribu Rumah

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Pemerintah tahun ini mengalokasikan dana Rp9,7 triliun untuk membangun 120.000 rumah. Dana tersebut disalurkan lewat fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).

Hingga awal Maret 2017, penyaluran FLPP mencapai seribu rumah dengan nilai sekitar Rp100 miliar.

Baca juga: Dana FLPP Lebih Banyak Diserap Karyawan Berpenghasilan Segini Loh!

“Sampai akhir Desember 2010 sudah ada 496.065 rumah yang dibeli dengan fasilitas tersebut (FLPP),” kata Direktur Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU-PPDPP), Budi Hartono, seperti dikutip dari Harian Kompas, Senin (6/2).

Sesuai UU No. 1/2011, rumah yang dibeli dengan bantuan pemerintah merupakan rumah pertama dan harus dihuni setidaknya sampai 5 tahun. Sebelum 5 tahun, rumah tersebut tidak dapat dipindah-tangankan ke pihak ketiga.

Baca juga: Pekerja Swasta Mendominasi Pembelian Rumah dengan FLPP

Menurut Ketua Umum Lembaga Pengkajian Pengembangan Perumahan dan Perekonomian Indonesia, Zulfi Syarif Koto, penyaluran FLPP yang semakin besar harus diimbangi dengan peningkatan pengawasan.

Pengawasan pembelian rumah dengan FLPP dilakukan dengan mendata e-KTP, NPWP, dan data PLN (penggunaan listrik). Hal ini dilakukan agar FLPP tepat sasaran. Pembeli yang memanfaatkan FLPP adalah benar-benar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Baca juga: Jawa Barat Provinsi Terbanyak Serap Dana FLPP

Untuk memastikan apakah rumah yang sudah dibeli dengan FLPP benar-benar dihuni atau tidak, Budi mengatakan BLU-PPDPP akan menggandeng PT PLN untuk melihat data penggunaan listriknya.

Jika rumah tersebut tidak dihuni akan kelihatan pada pola penggunaan listriknya. Kalau tak dihuni, maka pihak BLU-PPDPP akan menindaklanjutinya dengan teguran pada si pembeli rumah.

“Ini agar monitoring dan evaluasi lebih efisien. Ketiganya dalam waktu dekat akan segera berjalan karena sudah kami bahas,” kata Budi.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me