Agen Properti Harus Bisa Bersahabat dengan Teknologi

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Laman marketplace akomodasi Airbnb menjadi “hotel” terbesar di dunia lantaran beroperasi di 65 ribu kota, 191 negara, dan memiliki 3 juta daftar kamar atau hunian!

Sementara situs jaringan transportasi Uber menjadi perusahaan transportasi terbesar di dunia dengan beroperasi di 582 kota di seluruh dunia.

Baca juga: Virtual Reality Mulai Dimanfaatkan Pelaku Industri Properti

Perubahan besar telah terjadi dalam banyak industri terkait perkembangan internet dan teknologi informasi.

Hal inilah yang disampaikan oleh Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung dalam Marketing Conference 2017 yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Ciputra World Jakarta pada Selasa (7/3).

Baca juga: Teknologi VR123, Cara Gampang “Window Shopping” Produk Properti

Acara ini dihadiri ratusan agen properti yang memasarkan produk-produk properti yang dibangun oleh Ciputra Group.

Perubahan itu juga terjadi dalam industri properti. Semakin banyak laman properti yang ada di dunia. Semua ini memudahkan konsumen untuk memilih hunian atau area komersial.

Baca juga: Astra Land Optimistis Berkiprah di Bisnis Properti

Konsumen hanya perlu duduk manis di depan laptop untuk mencari properti via dunia maya. Semua spesifikasi properti bisa dilihat dengan jelas.

Tidak ada lagi cerita kalau konsumen harus bersusah payah mendatangi lokasi untuk melihat langsung properti yang diinginkan.

Baca juga: Investasi Apartemen di Australia Lebih Menguntungkan Dibandingkan Rumah Tapak

Untung memaparkan kalau portal properti telah menawarkan layanan virtual reality atau VR sehingga konsumen bisa melihat langsung unit properti yang diinginkannya.

Menurut Untung, sudah saatnya agen properti memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam memasarkan produknya. “Ojek saja sudah online, kok,” ujar Untung.

Baca juga: Nah, Inilah Superblok dengan Lokasi Paling Strategis di Cikarang

Pengguna internet di Indonesia saat ini sangat besar. Pangsa pasar ini juga terus berkembang. Selain itu, Untung memaparkan keuntungan pemasaran secara digital.

“Kalau lewat online, pemasarannya 20 kali lebih efektif dibandingkan beriklan di media tradisional,” lanjut Untung.

Baca juga: Hmm, Ini Dia Tren Furnitur dan Interior Terbaru dari Informa

Untung melanjutkan kalau pencarian properti lewat online akan semakin memudahkan agen lantaran banyak hal akan terungkap.

Apa yang diinginkan konsumen, apa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, dan banyak hal lagi bisa terdeteksi saat konsumen melakukan pencarian via dunia maya.

Baca juga: Sinar Mas Land Tawarkan Hunian Kaum Urban Bernuansa Alam

“Apakah ini akan menjadi masa depan dunia properti? Terus agen properti akan tergantikan? Ayo, bersahabat dengan teknologi. Dari pada nggak ngapa-ngapain dan tersaingi oleh teknologi,” papar Untung.

rumah123.com