MRT Lebak Bulus-HI Beroperasi Maret 2019

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Jika tidak ada rintangan dua tahun lagi Indonesia khususnya Kota Jakarta bakal memiliki moda transportasi massal modern, mass rapid transit (MRT). Pembangunan fase I dari Lebak Bulus, Jakarta Selatan, ke Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, ditargetkan beroperasi Maret 2019.  Rangkaian keretanya sudah diproduksi dan akan mulai didatangkan ke Jakarta April tahun depan.

Terowongan MRT

Terowongan MRT

“Kita terus kebut pekerjaann proyek ini yang akan menyediakan 13 stasiun dari Lebak Bulus hingga ke HI.  Pembangunan fase I menyedot biaya sebesar Rp15 triliun. Waktu tempuh  Lebak Bulus – Bundaran HI sekitar 30 menit, antarstasiun waktunya hanya 5-10 menit,” ujar William Sabandar, Direktur Utama PT MRT di Jakarta, Rabu (8/3).

Pekerjaan konstruksi fase 1 ini juga pararel dengan fase 2 untuk rute Bundaran HI-Ancol sepanjang 14,6 km.

Pembangunan fisik tahap I sudah sekitar 66 persen dan akhir tahun ini progresnya ditargetkan mencapai  93 persen. Pada awal 2019  pembangunan konstruksi fase II (Bundaran HI-Ancol Timur) akan dimulai. Semula trase tahap II dari Bundaran HI – Kampung Bandan kemudian diubah menjadi Bundaran HI – Ancol Timur karena soal kesiapan lahan untuk depo kereta. Perubahan trase ini membuat biayanya membengkak cukup signifikan karena jaraknya memang lebih jauh.

Jika sesuai skenario fase II akan  dioperasikan tahun 2021. Pemprov DKI berharap  pemerintah pusat bisa mempercepat pembangunan proyek ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menjamin pembiayaan proyek ini tidak ada masalah selama desainnya tepat. Pemprov DKI juga sudah menendatangani MOU dengan Jaya Ancol untuk pembangunan stasiun di Ancol Timur.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me