Inspirasi Ruang Kantor Kreatif Lewat Konsep Open Space

Big Banner

Majalah Properti Indonesia (MPI) edisi Maret 2017 menurunkan ulasan tentang interior dengan judul bahasan ; Inspirasi Ruang Kantor Kreatif Lewat Konsep Open Space.

Di sebutkan, tema Ruang terbuka atau open space mulai banyak diaplikasikan perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk menata ruang kantor mereka. Interior yang modern, unik, menarik, dan kreatif menjadi poin penting dalam memicu kinerja serta kreativitas karyawan.

Perkembangan industri kreatif secara tidak langsung turut mempengaruhi pola desain interior ruang kantor di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini. Semula, kantor-kantor di Indonesia memiliki desain yang hampir seragam. Misalnya, memiliki khas penataan kubikel sebagai penyekat antara satu meja dengan meja lain.

Atau, interior ruang kantor yang didesain seperti pada umumnya tanpa ada sentuhan seni dan kreativitas. Namun, kini beberapa perusahaan di Indonesia mulai meninggalkan desain lama tersebut dan beralih ke desain interior kantor kreatif.

Sebut saja, Tokopedia, Bukalapak, dan Google Indonesia. Dalam mendesain ruang kantor, mereka tidak hanya mementingkan kesan modern, melainkan juga ingin menciptakan suasana yang lebih santai dan nyaman untuk meningkatkan kinerja dan kreativitas para karyawan.

Tidak hanya ruang kerja, mereka juga memberikan fasilitas ruang bermain, ruang santai, cafe, dan lainnya. Konsep Ruang Terbuka (Open Space) Tokopedia Salah satu perusahaan e-commerce ter kemuka di Indonesia ini mengusung konsep ruang terbuka atau open space.

Tokopedia tidak menggunakan kubikel atau sekat agar para karyawan dapat berinteraksi dengan bebas tanpa batas. Akan tetapi, tetap ada sekat yang membatasi antara ruang meeting dan ruang kerja, yakni berupa kaca transparan. Dengan begitu, para karyawan akan lebih berbaur tanpa melihat posisi atau jabatan. “Menurut aku, kantor dengan interior tanpa sekat kayak Tokopedia ini menyenangkan ya.

Lebih mempermudah untuk koordinasi kalau lagi ada case sulit,” ujar Octa, Customer Service Tokopedia. Tidak hanya open space, situs jual beli online ini juga mengusung tema kantor modern dengan dominasi warna hijau di berbagai penjuru. Suasana kantor pun terasa santai dan nyaman dengan berbagai fasilitas yang tersedia, beberapa diantaranya ialah ruang santai berisi sofa empuk dan ayunan, ruang meeting casual, serta ruang bermain (Tokopedia playground).

Ruang bermain atau Tokopedia playground ini memiliki area yang cukup luas, sehingga para karyawan bebas melakukan apa saja, seperti menyantap makan siang, sekadar ngobrol ataupun bermain. Di ruangan ini tersedia ragam permainan, diantaranya meja pingpong, fussball, perangkat PS4, hingga samsak tinju.

Selain itu, di lantai dua tersedia banyak ruang rapat berukuran kecil dengan dinding-dinding yang menyuarakan katakata motivasi. Mulai dari Soekarno hingga Dwayne “The Rock” Johnson. “Fungsi dari kalimat-kalimat ini adalah sebagai alat untuk memicu dan memotivasi para karyawan,” ujjar William Tanuwijaya, CEO Tokopedia, yang dilansir pada laman metrotvnews. com. Tidak hanya itu, kantor Tokopedia ini juga dilengkapi dengan fasilitas “pemadam kelaparan” atau pantry yang terbilang lengkap di setiap lantainya. Jadi, para karyawan leluasa membuat atau mengambil makanan serta minuman.

Konsep Pasar Malam Bukalapak Bukalapak adalah salah satu perusahaan situs jual beli online yang turut menerapkan desain ruang kantor yang modern, terbuka dan informal, menarik, serta dilengkapi berbagai fasilitas. Kantor yang berdiri di atas lahan seluas 1.500 m2 ini memiliki tatanan interior kreatif karya arsitek Ayi Asmoro dari A2 Studio, Jakarta.

Sama seperti Tokopedia, Bukalapak juga memiliki ruang kantor tanpa sekat yang dibuat demi kenyamanan para karyawan. “Kita sadar, karyawan kebanyakan anak-anak muda yang ingin bebas dan fleksibel. Usaha ini juga bergerak di industri kreatif. Jadi, kita sesuaikan dengan membuat kantor yang konsepnya tidak terlalu resmi atau kaku,” jelas Achmad Zaky, inisiator dan CEO Bukalapak, yang dilansir dari majalah Housing Estate.

Ruang kantor Bukalapak ini didesain dengan warna cerah dan dilengkapi dengan beberapa aksen gambar di dind-ing. Tidak hanya itu, ruang kantor ini juga dilengkapi lampu kelap kelip khas pasar malam. Adapun, tema pasar malam yang diusung perusahaan e-commerce ini, yakni tema pasar burung, pasar baru, gedung bioskop, stasiun kereta, pusat permainan, hingga stadion olahraga.

Selain memiliki tema yang unik dan menarik, Bukalapak juga menyediakan ragam fasilitas untuk para karyawannya. Antara lain, kedai, hall untuk ruang makan dan acara internal, ruang fi tness, perpustakaan, fun room untuk bermain musik atau menonton film, musala mungil, serta area santai untuk duduk-duduk seperti di kafe. Tidak hanya itu, di lantai bawah, karyawan juga dapat bekerja di area gerbong kereta api mini warna-warni atau di meja serta kursi gantung bersuasana rindang.

Dengan begitu, desain interior yang unik dan menarik tersebut dapat memicu ideide
dan kreativitas karyawan.

Budaya Lokal Kental Terasa di Google Indonesia Tidak jauh berbeda dengan Tokopedia dan Bukalapak, ruang kantor Google Indonesia juga menerapkan konsep ruang terbuka dengan sekat yang minim. Hal tersebut guna mempermudah kerja sama dan kolaborasi antar karyawan. Tidak hanya itu, uniknya, semua karyawan memiliki meja yang sama tanpa membedakan posisi jabatan.

Dibalik keunikannya, sebagai perwakilan di Indonesia, Google menyertakan dan mengombinasikan elemen-elemen budaya Indonesia dalam desain interior kantor. Elemen tersebut direalisasikan dalam gambar tokoh wayang Punakawan, yakni Semar, Petruk, Bagong, dan Gareng yang terpampang di kaca besar salah satu ruang rapat.

Hal unik lainnya ialah perihal penamaan ruang rapat yang menggunakan istilah khas Indonesia, seperti “Alun-alun”, “Pangkalan Ojek”, “Gelora Asmara”, dan “Gudang Rezeki”. Ruang-ruang rapat ini juga dilengkapi dengan ilustrasi budaya Indonesia, antara lain wayang, batik, dan angkot. Namun, tidak hanya di ruang rapat, di ruang-ruang lain juga dapat ditemukan pajangan dan pernak-pernik khas Indonesia.

Senada dengan kantor-kantor sebelumnya, Google Indonesia juga dilengkapi ragam fasilitas yang menunjang kinerja dan kreativitas para karyawan. Tersedia berbagai bangku dan meja yang nyaman, matras empuk, serta konsol game.

Selain itu, perusahaan raksasa mesin pencari ini juga dilengkapi dengan kafetaria “Warung Mbah Google”. Di kafe ini, karyawan dapat makan siang setiap hari dengan berbagai pilihan menu makanan dan minuman. Tidak hanya itu, tersedia juga ruang rapat dengan berbagai ukuran, ditambah fasilitas lounge sebagai tempat diskusi para karyawan. MPI YAS (Versi digital MPI dapat diakses melalui: https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia lebih praktis dan lebih ekonomis.)

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me