Orang Terkaya Dunia Masih Bill Gates

Big Banner

BEIJING, KompasProperti – Majalah lokal China Hurun kembali merilis laporan daftar orang kaya di dunia 2017 pada 7 Maret 2017.

Tidak ada nama baru yang muncul pada 10 besar orang terkaya di dunia versi Hurun. Sementara delapan dari 10 kalangan ultra kaya tersebut berasal dari Amerika Serikat (AS).

Hurun masih menempatkan Bill Gates sebagai manusia paling kaya seantero jagad raya.

Kendati pertumbuhan aset kekayaannya hanya satu persen pada tahun ini, hal itu sudah cukup membuat pria berusia 61 tahun ini menjadi manusia terkaya dengan total aset 81 miliar dollar AS.

Pada Desember 2016, pendiri Microsoft itu mengalirkan dana 1 miliar dollar AS untuk investasi pada sebuah proyek energi terbarukan yang bertujuan mengurasi emisi gas menjadi hampir nol.

Kemudian pada posisi dua, Hurun menempatkan penghuni baru yakni Warren Buffet lantaran kenaikan total asetnya dari 68 miliar dollar AS pada 2016 meroket menjadi 78 miliar dollar AS pada 2017 ini.

Sedangkan pendiri Amazon Jeff Bezos harus rela turun ke peringkat tiga untuk pertama kalinya.

Padahal sebelumnya, pria berusia 53 tahun ini menjadi ancaman serius untuk menggeser Bill Gates di peringkat pertama.

Kendati turun peringkat, harta kekayaan Bezos naik 37 persen menjadi 72 miliar dollar AS lantaran telah mendapat uang tunai 671 juta dollar AS dari penjualan satu persen sahamnya di Amazon.

Di peringkat empat bertengger pendiri fashion ritel Zara Amancio Ortega. Ortega juga harus rela turun satu peringkat dari tahun sebelumnya dengan total aset 69 miliar dollar AS.

Sementara di peringkat 5 bercokol milyarder termuda dalam daftar yakni pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Posisi ini merupakan capaian tertinggi pria berusia 32 tahun tersebut.

Posisi itu berhasil diraih Mark lantaran berhasil meningkatkan aset kekayaannya dari 11 miliar menjadi 58 miliar dollar AS.

Namun, dia dan sang istri Priscilla Chan telah mengumumkan rencananya untuk memberikan 99 persen saham Facebook-nya secara cuma-cuma.

Kondisi serupa juga dialami pendiri Oracle Larry Ellison yang berhasil menambah harta kekayaannya sebesar 4 persen menjadi 48 miliar dollar AS dan membuatnya duduk nyaman di posisi enam daftar orang terkaya dunia.

Di sisi lain, taipan telekomunikasi asal Meksiko Carlos Slim Helu harus rela keluar dari lima besar.

Hal ini terjadi karena penurunan kekayaannya sebesar delapan persen menjadi 46 miliar dollar AS akibat lemahnya nilai tukar peso Meksiko terhadap dollar AS.

Di peringkat 8 dan 9 ada kakak-adik Koch, yakni David dan Charles dengan aset kekayaan masing-masing 43 miliar dollar AS.

Di posisi paling buncit ada pendiri Bloomberg dan eks Wali Kota New York Michael Bloomberg yang berhasil meningkatkan harta kekayaannya sebesar 13 persen untuk menjadikan total asetnya 42 miliar dollar AS.

–– ADVERTISEMENT ––

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me