Bangun Kota Tangguh, Indonesia Jajaki Kerja Sama dengan Australia

Big Banner

JAKARTA, KompasPropertiKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima kedatangan Menteri Pengembangan Wilayah Australia Fiona Nash, Kamis, (9/3/2017).

Kedatangan Fiona dalam acara “Round Table Discussion: Resilient Cities” adalah untuk membahas kemungkinan kerja sama antara Indonesia dan Australia terkait kota tangguh.

“Banyak tantangan yang sama antara Australia dan Indonesia. Misalnya, di Australia kami punya perkotaan yang berkembang cukup pesat. Kami harus mengembangkan infrastraktur, khususnya infrastruktur baru,” ujar Fiona kepada wartawan.

Infrastruktur ini, kata Fiona, antara lain adalah ketersediaan air untuk masyarakat, transportasi, dan sanitasi.

Tantangan ini sama-sama dialami oleh kedua negara, sehingga Fiona berharap ada kesempatan untuk bekerja sama.

Ia menambahkan, kolaborasi antara Australia dan Indonesia juga perlu untuk meningkatkan lingkungan perkotaan yang layak ditinggali oleh warganya.

“Banyak isu yang sama yang bisa dilakukan di Indonesia. Seperti di Australia, kita ingin memastikan orang-orang yang tinggal di kota kita dapat bertahan dengan masa depan yang baik,” tutur Fiona.

Selain itu, ia juga berharap, warga-warga kota di Indonesia dapat tinggal dalam harmoni. Artinya, segala kebutuhan infrastruktur sehari-hari seperti akses air dan edukasi terpenuhi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh para perwakilan dari Kementerian/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Perindustrian.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me