Industri Keramik Yang Terus Meningkat

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Keramik merupakan salah satu bahan bangunan yang terkait langsung dengan sektor properti. Seiring mulai menggeliatnya bisnis properti, industri keramik pun mulai mengalami pertumbuhan sejak akhir tahun lalu sebagaimana dikemukakan oleh Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (ASAKI) Elisa Sinaga.

keramik-industri

Ilustrasi

Menurut Elisa, total kapasitas terpasang keramik nasional mencapai 570-580 juta m2 dan angka ini terus meningkat setiap tahunnya. “Kebutuhan keramik kita terbesar masih untuk pasar lokal, dari kapasitas tersebut, untuk kebutuhan ekspor tidak sampai 13 persen. Tahun 2017 ini menawarkan tantangan dan potensi bisnis yang lebih besar dengan adanya kebutuhan rumah baru mencapai lebih dari 1 juta unit dan program sejuta rumah selain kebutuhan industri,” ujarnya saat konferensi pers menjelang ajang Keramika 2017 di Jakarta, Kamis (9/3).

Bisnis properti yang mulai menggeliat juga disebut Elisa sebagai tantangan dan potensi bisnis keramik kian berkembang. Ia  memperkirakan kebutuhan untuk tahun 2017 ini mencapai 1,3 juta unit rumah yang harus dipenuhi dari berbagai produk seperti ubin, genteng, saniter, dan lainnya. Dengan potensi ini membuat Indonesia menjadi negara yang masuk peringkat 10 besar terkait bisnis industrinya. Bahkan pada tahun 2025 kebutuhan perumahan di Indonesia akan mencapai 30 juta unit.

Saat situasi pasar bebas yang sudah berlaku untuk kawasan ASEAN, ASAKI juga ingin mendorong penggunaan produk  lokal khususnya untuk bisnis properti yang terus meningkat. Ini juga untuk meningkatkan industri turunan seperti produsen mesin, pemasok bahan baku, hingga jasa konstruksi dan interior desain.

“Melalui ajang Keramika 2017 kami ingin menumbuhkan kembali minat masyarakat untuk mencintai produk lokal yang berkualitas, kreatif, dan inovatif. Keramika 2017 juga bisa menjadi referensi bagi berbagai pihak dari lokal  maupun internasional. Kami menargetkan pengunjung mencapai 50 ribu orang dari ajang yang akan diselenggarakan pada 16-19 Maret 2017 di Jakarta,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me