Kebutuhan Tinggi, Dua Anak Usaha Wika Berbisnis Beton Pra-cetak

Big Banner

SUBANG, KompasProperti – Anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA, yaitu PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON), bersama PT Wijaya Karya Gedung mendirikan anak usaha baru pada Desember 2016.

Usaha bernama PT Wijaya Karya Pracetak Gedung ini bergerak di bidang penyediaan beton pra-cetak atau precast.

Pabriknya berada di lahan yang sama dengan pabrik WIKA Beton ke-15 di Subang, Jawa Barat seluas 50 hektar.

“Itu perusahaan asosiasi. WIKA Gedung kan khusus konstruksi. Nanti precast gedung akan ditangani oleh asosiasi yang lokasinya di sini,” ujar Direktur Utama WIKA Beton Wilfred Singkali, di lokasi pabrik, Sabtu (11/3/2017).

Untuk kapasitas awal, beton yang diproduksi sebanyak 100.000 ton per tahun. Produksinya bisa berupa fasad, kolom, balok, dan lantai.

Wilfred mengemukakan, ini adalah salah satu strategi kemitraan antar-anak usaha WIKA. Selama ini, WIKA Gedung sudah memiliki pasar tersendiri untuk pembangunan gedung.

WIKA punya kompetensi instalasi, kami (WIKA Beton) punya kompetensi untuk produksi,” kata Wilfred.

Lebih lanjut, Corporate Secretary WIKA Beton Puji Haryadi mengatakan, PT WIKA Pracetak Gedung melayani kebutuhan beton pra-cetak.

Saat ini, pembangunan gedung diminta cepat selesai dengan mempertimbangkan kebutuhan yang ada.

“Ini bisa diatasi dengan proses prefabrikasi. Dibuat di pabrik, di sana (lokasi proyek) tinggal pasang. Di negara lain, ini sudah dikenal. Kami mulai masuk,” kata Puji.

Kepemilikan perusahaan ini adalah 51 persen WIKA Gedung dan 49 persen WIKA Beton.

Dengan demikian, PT Wijaya Karya Pracetak Gedung menjadi anak usaha WIKA Gedung. Sementara bagi WIKA Beton, ini adalah perusahaan asosiasi.

–– ADVERTISEMENT ––

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me