Wow, Inilah Bangunan-bangunan Keren yang Didesain Pemenang Pritzker Prize 2017

Big Banner
Bangunan yang Didesain oleh RCR Arquitectes, Pemenang Pritzker Prize 2017 (Rumah123/Dezeen)

Rafael Aranda, Carme Pigem, dan Ramon Villalta berhasil menjadi pemenang penghargaan arsitektur bergengsi Pritzer Prize 2017.

Tiga arsitek yang merupakan para pendiri biro arsitek RCR Arquitectes ini menjadi pemenang Pritzker Prize edisi ke-39.

Baca juga: Wah, Museum Seni Afrika Selatan Ini Berbentuk Rangkaian Vertikal Pipa Beton

Aranda, Pigem, dan Vilalta bakal memperoleh medali perunggu dan juga mendapatkan hadiah uang sebesar US 100.000 (Rp 1,3 miliar) dalam acara yang akan diselenggarakan di State Guest House, Tokyo, Jepang pada 20 Mei 2017.

Mereka memulai karier profesional arsiteknya pada 1988 dengan mendirikan biro arsitek RCR Arquitectes yang berkantor pusat di Olot, Spanyol.

Baca juga: Sederetan Bangunan Berdesain Arsitektur Keren Akan Selesai Pada 2017

RCR Arquitectes mendesain banyak bangunan mulai dari ruang publik, bangunan pribadi, gedung seni, hingga institusi pendidikan. Setiap bangunan dirancang terkait dengan lingkungan proyek tersebut berada.

RCR Arquitectes baru saja menyelesaikan dua bangunan pada 2017 ini. Yang pertama adalah sebuah krematorium yang terbuat dari baja dan beton di Holsbeek, Belgia. Bangunan lainnya adalah gedung pintu masuk Garrotxa Volcano di Les Preses, Spanyol.

Bangunan yang Didesain oleh RCR Arquitectes, Pemenang Pritzker Prize 2017 (Rumah123/Dezeen)

Baca juga: BIG dan Heatherwick Studio Juga Berkolaborasi Desain Kantor Google di Inggris

Trio arsitek ini telah merampungkan sederetan bangunan keren, kebanyakan berada di Olot seperti Les Cols Restaurant Marquee (2011), the Barberí Laboratory (2008), dan Tossols-Basil Athletics Track (2000).

Selain itu, RCR Arquitectes juga sudah menyelesaikan pembangunan Bell-Lloc Winery di Girona dan Sant Antoni-Joan Oliver Library, Senior Citizens Center and Candida Perez Gardens di Barcelona. Pembangunan kedua bangunan ini diselesaikan pada 2007 silam.

Baca juga: Google Rilis Desain Terkini Kantor Baru, Wow Keren Banget!

“Semua bangunan yang didesain oleh para arsitek ini menjadi istimewa dan tidak ada kompromi soal waktu dan tempat,” ujar dewan juri Pritzker Prize 2017. “Pekerjaan mereka merupakan buah karya dari kolaborasi dan layanan bagi komunitas.”

“Mereka memahami arsitektur dan suasana sekeliling bangunan yang terkait secara dekat. Mereka juga memahami pilihan material dan pengerjaan bangunan adalah cara yang paling pas untuk menciptakan bangunan yang bermakna dan punya usia panjang,” lanjut dewan juri Pritzker Prize 2019.

Bangunan yang Didesain oleh RCR Arquitectes, Pemenang Pritzker Prize 2017 (Rumah123/Dezeen)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me