Bangun Segitiga Emas, Pemkot Maluku Utara Diminta Prioritaskan Infrastruktur

Big Banner

TERNATE, KompasProperti – DPRD Kota Ternate Maluku Utara menilai pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan pelabuhan sangat penting demi konektivitas antar-wilayah.

Terlebih saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Maluku Utara tengah mengembangkan kawasan Segitiga Emas (STE) Ternate-Halmahera Barat-Kota Tidore Kepulauan. 

Ketua Komisi III DPRD Kota Ternate Anas U Malik menyatakan, kawasan STE itu bisa berkembang bila didukung dengan infastruktur yang memadai. 

“Pembangunan infrastruktur itu harus diprioritaskan oleh Pemkot Ternate,” ujar Anas, seperti dikutip Antara, Senin (13/3/2017).

Menurut dia, kapasitas peti kemas pelabuhan Ternate perlu ditingkatkan. Pasalnya, bekas ibu kota provinsi Maluku Utara ini menjadi pusat hubungan antar-daerah di wilayah ini.

Sementara infrastruktur jalan harus didesain agar tersambung antara satu wilayah dengan wilayah lain untuk perkembangan roda perekonomian daerah.

Sedangkan untuk penyeberangan melalui jembatan, Pemkot Maluku Utara diminta mengembangkan Jembatan Temadore yang menghubungkan Ternate-Maitara-Tidore-Halmahera.

Pengembangan Jembatan Temadore ini masih dalam proses studi kelayakan, dan kajian teknis konstruksi.

“Kami dorong pemkot mempercepat pembangunan jembatan Temadore, berikut pengadaan armada ferry,” kata Anas.

Dia menambahkan, pembangunan infrastrukter jalan, jembatan dan pelabuhan itu harus dilakukan secara bersama, demi sinergitas, antara pemerintah pusat dan daerah.

–– ADVERTISEMENT ––

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me