Wah, Begini Nih Cara RCR Arquitectes Mendesain Arsitektur Sebuah Bangunan

Big Banner
Bangunan yang Didesain oleh RCR Arquitectes, Pemenang Pritzker Prize 2017 (Rumah123/Dezeen)

Tiga arsitek yang tergabung dalam RCR Arquitectes terpilih menjadi pemenang Pritzker Prize 2017. Mereka adalah Rafael Aranda, Carme Pigem, dan Ramon Villalta.

Dewan juri menganggap karya-karya mereka sederhana, namun puitis. Desain arsitektur yang dibuat oleh Aranda, Pigem, dan Villalta menjadikan bangunan lebih bermakna.

Baca juga: Google Rilis Desain Terkini Kantor Baru, Wow Keren Banget!

Kebetulan, sejumlah bangunan yang didesain oleh RCR Arquitectes adalah bangunan publik yang bisa diakses dan digunakan oleh masyarakat.

“Ketika kami memulai proyek, kami sangat tertarik untuk mengunjungi lokasi. Kami terbiasa untuk “membaca” lokasi seperti tempat itu berbicara kepada kami dengan abjad tersendiri. Alfabet yang tercipta di antara lokasi dengan kami,” ujar Pigem.

Baca juga: BIG dan Heatherwick Studio Juga Berkolaborasi Desain Kantor Google di Inggris

“Hal yang juga sangat penting untuk mempelajari apa yang kami lakukan di sana. Kami tidak suka untuk memulai dengan tipologi atau asumsi,” lanjut Pigem.

Dewan juri Pritzker Prize 2017 memuji pendekatan Aranda, Pigem, dan Villalta. Dewan juri memahami kalau dalam dunia global, semua bersandar pada pengaruh internasional.

Baca juga: Sederetan Bangunan Berdesain Arsitektur Keren Akan Selesai Pada 2017

Tetapi, banyak orang yang khawatir kalau pengaruh internasional akan menghilangkan nilai lokal, seni, dan kebiasaan.

“Rafael Aranda, Carme Pigem, dan Ramon Villalta membuat kita semua bisa memiliki nilai lokal dan pengaruh internasional secara bersamaan,” puji dewan juri Pritzker Prize 2017.

Baca juga: Wah, Museum Seni Afrika Selatan Ini Berbentuk Rangkaian Vertikal Pipa Beton

“Mereka membantu kita melihat dalam cara paling indah dan paling puitis, semua ini menjadi jawaban kalau kita bisa, setidaknya dalam arsitektur untuk memiliki keduanya, akar yang berasal dari suatu tempat dan juga jangkauan tangan yang menggapai dunia,” lanjut dewan juri Pritzker Prize 2017.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me