Ekspor Komponen Rumah Panggung Sulut ke Réunion Island 4,87 Ton

Big Banner

MANADO, KompasProperti – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah mengekspor komponen rumah panggung Minahasa ke Réunion Island pada awal Maret 2017.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Darwin Muksin mengatakan, Réunion Island merupakan pasar baru tujuan ekspor komponen rumah panggung Minahasa.

“Komponen yang diekspor ke sana berupa pintu dan jendela, serta komponen rumah lainnya,” ujar Darwin di Manado, seperti dikutip Antara, Senin (13/3/2017).

Jumlah komponen rumah panggung yang diekspor ke Réunion Island sebanyak 4,87 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara senilai 3,379 juta dollar AS.

Darwin menjelaskan, pasar baru ini merupakan peluang yang cukup bagus bagi perajin rumah panggung Minahasa.

“Kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh perajin atau pengekspor Sulut sehingga mampu meningkatkan nilai tambah dengan harga yang kompetitif,” kata dia.

Untuk itu, Darwin akan terus mencari pasar baru untuk tujuan ekspor sejumlah komoditas unggulan Sulut.

“Sehingga harga semakin beragam dan pengekspor Sulut bisa mendapatkan nilai tambah yang lebih besar,” imbuhnya.

Réunion Island adalah sebuah pulau di Samudra Hindia, sebelah timur Madagaskar dan berjarak 200 kilometer sebelah barat daya Mauritius.

Secara administratif, pulau ini merupakan bagian dari Perancis. Sumber pendapatan Réunion Island berasal dari ekspor gula dan sektor pariwisata.

–– ADVERTISEMENT ––

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me