Juli, Kereta Bandara Beroperasi

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Proyek kereta api (KA) Bandara Soekarno Hatta ditargetkan akan beroperasi pada Juli 2017. Proyek yang sudah lama dinantikan ini dibangun dengan investasi Rp2,7 triliun. Target operasional itu untuk menyesuaikan dengan beroperasinya Terminal 3 Internasional .

Photo kereta-bandara

“Kita akan kejar supaya proyek ini bisa beroperasi pada akhir Juli karena banyak yang menantikan transportasi yang aman dan cepat ke bandara. Kalau proyek ini sudah selesai kita bisa bangga karena nggak kalah dengan negara lain,” ujar Menteri BUMN Rini Soemarno saat meninjau proyek KA Bandara bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono di Tangerang, Minggu (12/3).

KA Bandara mampu mengangkut 33 ribu penumpang per hari dengan frekwensi 122 perjalanan. Pembangunan stasiun di Bandara Soekarno Hatta sudah hampir rampung, saat ini tahap penyelesaian pemasangan kaca dan dinding interior. Stasiun ini dibangun di atas lahan 9.000 m2 yang akan dilengkapi people mover atau kereta tanpa masinis untuk akses penumpang ke terminal keberangkatan pesawat.

Di wilayah DKI Jakarta kereta bandara akan berhenti di Stasiun Sudirman Baru, Duri, Batu Ceper, dan Soekarno Hatta. Tinjauan lapangan bersama ini untuk  menyinergikan pengerjaan proyek termasuk untuk merevatilisasi kawasan di sepanjang rel.  Kereta ini diprediksi bisa mengurangi 30 persen volume kendaraan yang menuju ke bandara.

“Kunjungan ini juga untuk mencari kesepakatan titik mana yang harus dibangun apa, mana yang harus dihijaukan, mana yang ditata. Jadi ini juga menjadi pembahasan bersama supaya hasilnya lebih baik dan komprehensif. Selain itu dibahas pula mengenai integrasi beberapa moda dengan kereta bandara ini, misalnya mass rapid transit (MRT), light rail transit (LRT), Transjakarta, dengan kereta bandara,” ujar Sumarsono.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me