Ini Dia, Para Pengembang yang Berekspansi ke Gresik

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Dibandingkan dengan Surabaya, Gresik boleh dibilang jarang disebut-sebut. Tapi, sejak musibah lumpur Sidoarjo dan terbukanya Pemerintah Kabupaten Gresik terhadap investasi, maka Gresik mulai dilirik banyak mata pengembang.

“Gresik punya potensi besar dan tak kalah dengan kota lain di Jawa Timur. Apalagi, setelah Sidoarjo kena tragedi lumpur. Sebab, Gresik adalah kota terdekat dengan Surabaya, selain Sidoarjo,” ujar General Manager PT Raya Bumi Nusantara Permai (RBNP), Ryan Sudrajat, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (13/3).

Baca juga: Gresik Potensial Berkembang Karena Dekat Surabaya

Kepala Bidang Pengembangan Investasi dan Perizinan, Badan Perizinan dan Penanaman Modal (BPPM) Kabupaten Gresik Farida Haznah Makruf mengatakan, saat ini pengembang yang sudah resmi mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah PT RBNP dan PT Raya Bumi Nusantara Permai (Gunawangsa Group).

Selain kedua pengembang tersebut, menurut Farida, juga ada Perum Perumnas Regional VI yang tertarik Gresik. Namun, menurut Farida, Perum Perumnas masih sebatas pembicaraan awal, dan belum sampai pada detail proyek, semisal besaran investasi dan alokasi lahan.

Baca juga: Tower C Superblok Gunawangsa Tidar Surabaya Mulai Dilepas ke Pasar

Perum Perumnas akan menggarap daerah pinggiran kota, tepatnya di sekitaran Kecamatan Driyorejo, Gresik. Sebelumnya Perum Perumnas sudah memiliki portofolio perumahan di Kecamatan Driyorejo.

Sedangkan RBNP dan Gunawangsa Group membidik kawasan tengah kota untuk mengembangkan bisnis propertinya. Kini mereka telah memulai pembangunan proyek propertinya.

Baca juga: WIKA Gedung Bidik Tanah di Surabaya

Di atas lahan seluas 18 hektar, RBNP akan membangun apartemen, mal, hunian eksklusif, ruko, dan hotel. Untuk merealisasikan proyek ini, Gunawangsa Group menginvestasikan dana tak kurang dari Rp1,3 triliun.

“Pertumbuhan ekonomi Gresik di atas rata-rata kota/daerah lain di Jawa Timur, sekitar 6-7 persen. Pertumbuhan ekonomi ini penting, karena merupakan peluang yang menjanjikan bagi pengembangan bisnis properti untuk kalangan menengah ke atas,” tutur Ryan.

Baca juga: Shierly Kwandi, “Si Agen Ngeyel” yang Jadi Bos Real One Property Surabaya

Sementara Direktur PT Gunawangsa Putra Perkasa Triandy Gunawan menyatakan, pihaknya  mencoba peruntungan dengan mengembangkan apartemen, pascasuksesnya properti serupa di Surabaya. Triandy optimistis, ekspansinya ke Gresik akan berhasil.

“Apa yang akan kami mulai di Gresik akan berhasil sesuai planning, karena itu sudah kami perhitungkan secara detail. Jaraknya dengan Surabaya sangat dekat, sehingga pasti akan banyak warga Surabaya yang ingin memiliki apartemen di Gresik,” kata Triandy.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me