Dulu SOHO, Sekarang WOHO, Apa Bedanya?

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Tren berkantor di rumah kian populer seiring tumbuhnya berbagai macam industri kecil, jasa, dan industri kreatif lainnya. Usaha tersebut  tidak membutuhkan kantor dengan ruang luas di kawasan CBD.  Ini  membuat  berkantor di rumah atau menggabungkan hunian dengan kantor (small office home office/SOHO) menjadi berkembang. Kalangan pengembang menangkap tren ini dengan menawarkan SOHO di proyek yang dikembangkan.

One Parc Puri

One Parc Puri

Selain SOHO kini  pengembang menawarkan konsep baru work office home office (WOHO). Kendati sebutannya mirip antara WOHO dan SOHO memiliki konsep berbeda dalam  fungsi dan desain. WOHO diklaim lebih memberikan pembatasan yang jelas terkait dua fungsi dalam satu bangunan yang sama untuk hunian dan ruang perkantoran.

“SOHO  pembatasannya tidak tegas, akses penguhuni dan pekerja bercampur. Kalau WOHO ada akses yang berbeda kendati di dalam sebuah bangunan highrise, akses lift-nya tersendiri antara hunian dengan ruang kantornya,” ujar Olivia Surodjo, Direktur PT Metropolitan Karyadeka Ascendas (MKA), pengembang One Parc Puri (9,7 ha) Cipondoh, Tangerang, Banten, kepada housing-estate.com di Jakarta, Selasa (14/3).

One Parc Puri merupakan  proyek superblok yang dikembangkan di kawasan Metland Cyber City (60 ha). Proyek ini hasil kolaborasi Metland Group dengan pengembang Ascendas Singbridge Singapura. Perusahaan joint venture itu akan mengembangkan 3 tower apartemen, dua tower (1.132 unit) di antaranya  termasuk WOHO sudah dipasarkan.

WOHO merupakan unit 2 lantai berukuran 96-146 m2 yang dihubungkan dengan tangga. Aksesnya dengan lift yang berhenti di tiap lantai sehingga penghuni dan pekerja punya akses lift sendiri.  Karena itu konsep ini menawarkan privasi lebih tinggi dan suasana perkantoran yang lebih riil tidak seperti berkantor di rumah.

Di dalam kawasan disediakan fasilitas penunjang kebutuhan hunian dan kantor.  Desainnya dirancang khusus dengan menyediakan F&B berkonsep resort dan ruang terbuka di lantai tujuh.  Selain itu ada co working space yang disewakan untuk menyasar segmen milenial yang bisa menyewa mulai satu meja untuk perkantoran mobile.

“WOHO  merupakan konsep baru berkonsep duplex dengan 2 akses untuk kenyamanan dan mendapatkan privasi. Kita menggandeng pengembang Singapura yang sudah biasa dengan konsep ini. Harga WOHO di One Parc Puri sementara ini sama dengan harga apartemennya, Rp22 -24 juta/m2,” imbuhnya.

housing-estate.com