Milenial Belum Punya Hunian Sendiri, Apa Kabarmu?

Big Banner
Ilustrasi. Rumah123/iStock

Memiliki penghasilan tetap, tapi tak terlalu besar. Bukan lagi tergolong Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), namun kesulitan mengikuti suku bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada umumnya.

Begitulah sekilas gambaran  kesulitan yang dihadapi kaum milenial untuk bisa membeli huniannya sendiri. Alhasil, sebagian besar kaum ini lebih memilih menunda membeli rumah dengan beragam alasan.

Salah satunya adalah Conny yang kini berusia 27 tahun. Meski sudah memiliki pekerjaan tetap, Conny memilih tinggal bersama orangtuanya. Terlebih sang orangtua juga memiliki rumah di kawasan yang cukup strategis, Pancoran, Jakarta Selatan.

Baca juga: Tekan Gaya Hidup, Kaum Millennial Juga Bisa Punya Rumah Non-Subsidi Kok!

Tak mau repot, Conny menilai membeli sebuah hunian masa depan merupakan kewajiban kaum laki-laki. “Gue sih ogah beli rumah. Cowok gue dong yang seharusnya beli buat nanti,” katanya ketika berbincang dengan Rumah123 beberapa waktu lalu.

Serupa dengan Conny, Dita, karyawati sebuah bank swasta ini juga tak berpikir untuk membeli rumah. Padahal, kedua orangtuanya sudah mencontohkan bagaimana menanamkan investasi di properti itu sangat menguntungkan.

Baca juga: Korbankan Kongkow, Pasangan Milenial Ini pun Bisa Beli Rumah!

Dita yang kini telah berusia 24 tahun mengaku belum memikirkan soal pernikahan. Ia pun tak berpikir apakah nanti calon suaminya harus membelikannya rumah atau tidak.

“Ah, sekarang sih nikmati hidup aja dulu. Masih muda juga. Masih tinggal sama orangtua kan belum butuh juga,” ujar Dita santai.

Pemerintah diketahui tengah menggencarkan program satu juta rumah, namun sebagian besar terfokus pada MBR dan pekerja informal. Terbukti dengan lokasi rumah yang terbilang jauh dari pusat kota.

Dengan isu bonus demografi saat ini, kalangan milenial tentu sudah selayaknya juga mendapat perhatian. Tantangannya, bagaimana pemerintah akan bersikap terkait hal ini. Mungkinkah ada kebijakan yang mampu menjawab permasalahan ini?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me