Wah, Ternyata Furnitur dan Kerajinan Indonesia Diminati Pasar Internasional

Big Banner
Indonesia International Furniture Expo 2017 (Rumah123/Dodiek Dwiwanto)

Indonesia International Furniture Expo (IFEX) kembali diselenggarakan untuk keempat kalinya. IFEX 2017 ini dilangsungkan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta pada 11-14 Maret 2017.

Pameran furnitur dan kerajinan dalam skala B2B (business to business) merupakan yang terbesar di Indonesia.

Baca juga: Presiden Jokowi Dorong Industri Furnitur Lebih Kompetitif Lagi

Ekspo ini diselenggarakan oleh Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) yang merupakan gabungan dari dua asosiasi, mebel dan kerajinan tangan.

IFEX 2017 ini menjadi ajang bagi para produsen nasional untuk memamerkan dan memasarkan produk-produk terbaiknya kepada para pembeli di luar negeri.

Baca juga: Nilai Ekspor Furnitur dan Kerajinan Indonesia Ternyata Masih Kalah dari Vietnam

Furnitur dan kerajinan Indonesia memang terkenal dengan karakteristiknya yang unik, berkualitas, bernilai seni budaya tinggi, berasal dari bahan ramah lingkungan, punya inovasi desain, serta berstandar internasional.

Masyarakat kelas atas di Eropa, Amerika, dan Asia biasanya memilih perabot mewah dari rotan dan kayu untuk hunian mereka.

Baca juga: Sstt, Begini Nih Cara Desainer Interior Cari Inspirasi Dekorasi Ruangan

“Dari tahun ke tahun, kami menerima feedback yang baik tidak hanya dari para pemain dan buyers lokal tetapi juga pemain dan buyers dari luar negeri. Berbagai upaya yang kami lakukan untuk memperkenalkan IFEX ke dunia internasional mulai menampakkan hasil yang cukup menggembirakan,” ujar Ketua HIMKI, Soenoto.

Dalam IFEX 2017 ini, HIMKI mengusung tema “The Essence of Infinite Innovation” dengan mendorong para produsen furnitur dan kerajinan untuk terus berinovasi menghadirkan produk yang disukai pasar internasional.

Baca juga: Wow, IKEA Rilis Produk Bermaterial Rotan dan Batik Lho!

Salah satu material atau bahan baku yang sedang fokus dipromosikan adalah rotan. Indonesia merupakan penghasil 85 persen rotan dunia.

Daerah-daerah penghasil rotan utama di Indonesia berada di Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua.

rumah123.com