Ini Loh Minimal Harga Hunian Mewah yang Kena Pajak Penjualan 20%

Big Banner
Kamar tidur yang luas dan nyaman dengan interior yang menawan di unit The Hamilton seharga Rp8 miliar. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Pemerintah mulai mengenakan pajak penjualan barang mewah sebesar 20 persen sejak 1 Maret 2017. Peraturan Menteri Keuangan RI tentang Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) itu menyebutkan, besar tarif pajak barang mewah sebesar 20% . Termasuk untuk kelompok hunian mewah yakni rumah mewah, apartemen, kondominium, town house, dan sejenisnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah menandatangani aturan pengenaan pajak penjulan barang mewah tersebut. Kebijakan itu dituangkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor: 35/PMK.010/2017 tentang Jenis Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Selain Kendaraan Bermotor Yang Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.

Baca juga: Perhatian, Hunian Mewah Kena Pajak Penjualan 20% Loh!

Direktur Utama PT Mahardika Gagas Sejahtera (MGS), Lukman Purnomosidi, yang saat ini giat mempromosikan Apartemen Kemang Penthouse tak merasa khawatir terhadap pemberlakuan pajak penjualan barang mewah tersebut, meskipun Kemang Penthouse tergolong hunian mewah atau kelas premium.

Menurut Lukman, Kemang Penthouse tidak terkena tarif tersebut karena dipasarkan dengan harga hanya di bawah Rp3 miliar sampai Rp5 miliar per unit. Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) menetapkan pajak barang mewah terhadap penjualan properti hunian dengan harga minimal Rp20 miliar per unit.

Baca juga: Rumah Modern Tropis Berharga Rp652 Miliar!

Direktur Coldwell Banker Commercial Indonesia, Bambang Tri Margono, mengatakan, seiring maraknya pembangunan infrastruktur dan masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia, terutama dari Jepang dan China, proyek apartemen punya peluang tersendiri.

“Peluang pasar hunian premium juga semakin besar, karena selain para profesional mapan, ekspatriat juga menjadi pasar potensial apartemen premium. Apalagi di kawasan Kemang yang selama ini dikenal sebagai kawasan yang banyak dihuni orang asing,” katanya seperti dikutip dari Kompas.com.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me